SISTEM INFORMASI PELAPORAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK BERBASIS ANDROID (STUDIKASUS DINAS PMD P3A DAN PPKB KABUPATEN PEKALONGAN)

Authors

  • Yuni Miksilmina Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Imam Rosyadi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Hadwitya Handayani Kusumawardhani Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v9i1.414

Keywords:

Sistem Informasi, Pelaporan, Aplikasi Android, Android Studio

Abstract

 Pelaporan merupakan catatan yg memberikan informasi tentang kegiatan tertentu dan hasilnya disampaikan ke pihak yang berwenang atau berkaitan dengan kegiatan tertentu. Kekerasan merupakan suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik maupun verbal mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan pada kebebasan atau martabat. Dinas PMD, P3A, dan PPKB) Kabupaten Pekalongan, mencatat ada 19 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Namun demikian, fakta di lapangan masih menunjukkan banyak korban yang tidak mengadukan tindak yang dialaminya karena rendahnya kesadaran yang dimiliki. Melihat realita diatas, maka dibutuhkan sistem informasi berbasis android yang berguna untuk sistem pelaporan atas tindakan kekerasan  perempuan dan anak agar memudahkan masyarakat dalam pembuatan laporan atas tindakan kekerasan pada perempuan dan anak serta memudahkan pegawai dalam penerimaan laporan. selain itu Sistem informasi ini dilengkapi dengan fitur berita yang mana fitur ini menampilkan informasi mengenai kasus tindakan kekerasan pada perempuan dan anak yang sudah dilaporkan dan diproses.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pelaporan, AplikasiAndroid, dan Android Studio.

 

ABSTRACT

 

Reporting is a record that provides information about certain activities and the results are delivered to the authorities or related to certain activities. Violence is an expression carried out by individuals or groups in which physically or verbally reflects an act of aggression and attack on freedom or dignity. PMD, P3A, and PPKB) Pekalongan District, recorded 19 cases of violence against women and children. However, the facts on the ground still show that many victims did not complain about the acts they experienced because of their low awareness. Seeing the above reality, it is needed an android-based information system that is useful for reporting systems for acts of violence against women and children in order to facilitate the public in making reports on acts of violence against women and children and facilitate employees in receiving reports. in addition this information system is equipped with a news feature which features information about cases of violence against women and children that have been reported and processed.

Keywords: Information System, Reporting, Android Application, and Android Studio.

Downloads

Published

2020-11-01