Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika <p>Journal title : <strong>Jurnal Surya Informatika</strong><br />E-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230317191221520" target="_blank" rel="noopener">3026-3034</a><br />P-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1447220417" target="_blank" rel="noopener">2477-3042</a> <br />DOI Prefix : 10.48144/suryainformatika<br />Type of peer-review : Single blind<br />Indexing : Google Scholar<br />Frequency : Biannualy (Mei &amp; November)</p> en-US fenilinasadi@gmail.com (Fenilinas Adi Artanto) fastikom.umpp@gmail.com (Agung Dwi Hanggoro) Sat, 01 Nov 2025 01:15:13 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Perbandingan Efektivitas Metode Canny-Robert untuk Deteksi Tepi Citra Grayscale terhadap Noise https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2123 <p data-pm-slice="0 0 []">Deteksi tepi adalah salah satu tahapan krusial dalam proses pengolahan citra digital karena berfungsi untuk mengambil informasi penting dari struktur gambar. Namun, keberadaan noise dalam citra seringkali mengurangi ketepatan dalam mendeteksi tepi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan performa metode deteksi tepi Canny dan Robert pada citra yang telah diberikan berbagai tingkat noise, seperti Gaussian dan Salt &amp; Pepper. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan pengujian terhadap kedua metode pada citra yang telah diberi noise dengan intensitas berbeda, lalu hasilnya dievaluasi menggunakan indikator seperti Peak Signal-to-Noise Ratio (PSNR), Mean Squared Error (MSE), dan Structural Similarity Index (SSIM). Berdasarkan hasil yang diperoleh, metode Canny menunjukkan performa yang lebih baik dalam menjaga kejelasan tepi dan lebih tahan terhadap gangguan noise dibandingkan metode Robert, terutama saat tingkat noise tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam memilih metode deteksi tepi yang tepat untuk pengolahan citra dengan berbagai kondisi noise.</p> Fajar Arief Wibowo, M. Fani Anugrah, M. Syahril Kiromi, M. Zainul Iqbal, Diana Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2123 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Perancangan Game Mobile Drag And Drop Sebagai Alat Pembelajaran CRUD https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2166 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas <em>game mobile</em> berbasis <em>drag and drop</em> sebagai alat pembelajaran bahasa pemrograman, khususnya dalam memahami konsep dasar <em>PHP CRUD</em> bagi pemula. Game ini dirancang untuk mempermudah siswa dalam memahami struktur dan implementasi operasi <em>CRUD</em> melalui mekanisme interaktif yang sederhana dan intuitif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain <em>Pre-test</em> dan post-test yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan game dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar <em>PHP CRUD</em>, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Fitur <em>drag and drop</em> dalam game memungkinkan siswa untuk lebih mudah mengakses dan memahami materi pemrograman, yang sebelumnya dianggap sulit. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan <em>game mobile</em> berbasis <em>drag and drop</em> dapat menjadi alternatif yang efektif dan menarik dalam pembelajaran bahasa pemrograman di tingkat pemula. Pengembangan lebih lanjut dari game ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam dunia pendidikan teknologi</p> Wahyuddin, Muh.Ikrom Naqsin, Marlina, Masnur Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2166 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Rumah Di Kabupaten Sidrap Berbasis Android https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2164 <p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi penjualan perumahan berbasis <em>Android</em> yang ditujukan untuk masyarakat Kabupaten Sidrap. Aplikasi ini dikembangkan sebagai solusi atas keterbatasan sistem pemasaran perumahan konvensional yang kurang efisien dan belum terdigitalisasi. Metode yang digunakan adalah model pengembangan <em>prototyping</em>, dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, serta evaluasi oleh pengguna. Evaluasi dilakukan terhadap 30 responden melalui kuesioner skala <em>Likert</em> yang mengukur tiga aspek utama: kemudahan penggunaan, keamanan dan keandalan sistem, serta kepuasan dan loyalitas pengguna. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan penilaian positif terhadap aplikasi, dengan rata-rata skor pada seluruh indikator berada di antara 1.8 hingga 2.2. Aplikasi dinilai mudah digunakan, informatif, dan berpotensi meningkatkan efisiensi proses pemesanan rumah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan desain berbasis pengguna dan prinsip <em>Human-Centered Design</em> dapat meningkatkan kualitas sistem informasi, terutama di wilayah non-perkotaan. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknologi digital di sektor properti serta menawarkan model implementasi aplikasi yang adaptif terhadap konteks lokal.</p> Armayani, Wahyuddin, Mughaffir Yunus, masnur Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2164 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Rancang Bangun Sistem Informasi Sampan Institute Berbasis Android https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2165 <p>Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem informasi berbasis <em>Android</em> untuk mendukung layanan pemesanan dan penerbitan buku di Sampan <em>Institute</em>. Pengembangan dilakukan menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan model Waterfall yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan evaluasi sistem. Sistem diuji oleh 30 responden melalui kuesioner yang mengevaluasi tiga aspek utama: kemudahan penggunaan (<em>usability</em>), keamanan sistem (<em>security</em>), dan kepuasan pengguna (<em>user satisfaction</em>). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan skor “sangat setuju” dan “setuju”, yang mengindikasikan tingginya tingkat penerimaan pengguna. Sistem ini dinilai telah berhasil meningkatkan efisiensi pelayanan, memperkuat keamanan data dan transaksi, serta memberikan pengalaman pengguna yang baik. Selain itu, fitur pemesanan berbasis kode unik, antarmuka intuitif, dan transparansi informasi dinilai mendukung kebutuhan lembaga literasi berbasis komunitas. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan sistem informasi lokal berbasis <em>mobile</em> dan dapat dijadikan model awal bagi lembaga serupa yang ingin mengadopsi sistem digital untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Sistem yang dibangun terbukti layak digunakan baik dari sisi teknis maupun kepuasan pengguna, serta mendukung transformasi digital di sektor literasi</p> Muhammad Zulkifli, Wahyuddin, Hasnawati, Masnur Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2165 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Prototipe Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Berbasis Arduino Uno https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2167 <p>Penelitian ini mengembangkan <em>Prototipe</em> palang pintu perlintasan kereta api berbasis <em>Arduino Uno</em> sebagai solusi peningkatan keselamatan pada perlintasan sebidang tanpa pengawasan manusia. Sistem menggunakan sensor inframerah TCRT5000 yang diproses melalui algoritma digital untuk mendeteksi kedatangan kereta dengan akurasi sebesar 92% dan waktu respon rata-rata 2,8 detik. Hasil pengujian menunjukkan efektivitas tinggi dengan pengurangan kesalahan deteksi hingga 72% dibandingkan metode konvensional, serta efisiensi biaya implementasi hingga 60%. Namun, performa sistem menurun sebesar 15% pada kondisi hujan, dan diperlukan kalibrasi rutin setiap dua minggu untuk menjaga kinerja optimal. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, penelitian ini merekomendasikan integrasi sensor <em>ultrasonik</em> sebagai sistem redundan serta pengembangan modul <em>IoT</em> untuk pemantauan waktu nyata. <em>Prototipe</em> telah memenuhi 80% standar keselamatan perlintasan kereta api nasional dan dinilai layak untuk diterapkan di wilayah terpencil. Temuan lain menunjukkan perlunya optimasi sistem pada komponen sensor <em>receiver</em> yang masih rentan terhadap gangguan lingkungan. Rekomendasi pengembangan selanjutnya meliputi uji lapangan jangka panjang, perbaikan desain sistem, serta pelatihan teknis bagi operator lapangan. Dengan pendekatan yang ekonomis dan adaptif, <em>Prototipe</em> ini berpotensi menjadi solusi efektif dalam mengurangi kecelakaan di perlintasan kereta api secara signifikan.</p> Taufik, Untung Suwardoyo, Muh. Basri, Masnur Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2167 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web Pada UMKM Raden Madura Distro https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2159 <p><span style="font-weight: 400;">Perkembangan industri </span><em><span style="font-weight: 400;">fashion</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan tren digitalisasi memberikan peluang besar bagi UMKM untuk memperluas pasar melalui platform </span><em><span style="font-weight: 400;">online</span></em><span style="font-weight: 400;">. Raden Madura Distro, UMKM yang bergerak di bidang </span><em><span style="font-weight: 400;">fashion</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan berlokasi di Karang Sembung, Cirebon, masih menggunakan sistem manual yang menyebabkan proses pencatatan, pengelolaan pesanan, dan promosi menjadi kurang efisien. Selain itu, ketergantungan pada </span><em><span style="font-weight: 400;">marketplace</span></em><span style="font-weight: 400;"> pihak ketiga mengurangi margin keuntungan dan memperlambat arus kas. Penelitian ini bertujuan membangun sistem </span><em><span style="font-weight: 400;">e-commerce</span></em><span style="font-weight: 400;"> berbasis web yang </span><em><span style="font-weight: 400;">user-friendly</span></em><span style="font-weight: 400;">, menggunakan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">Waterfall</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan dikembangkan dengan PHP </span><em><span style="font-weight: 400;">Laravel</span></em><span style="font-weight: 400;"> serta MySQL. Sistem ini menghadirkan fitur manajemen produk, kategori, pesanan, dan transaksi secara mandiri tanpa melibatkan pihak ketiga, sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan memperbaiki pengalaman belanja pelanggan. Hasil dari pengembangan ini diharapkan dapat menjadi solusi digital yang berkelanjutan, serta membantu Raden Madura Distro dalam mengoptimalkan proses bisnis dan memperluas jangkauan pasar di tengah persaingan industri fashion lokal yang semakin kompetitif.</span></p> Mesi Febima, Laeli Jamilah, Jidan Juliana Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2159 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Sentiment Analysis of Shopee App User Reviews Based on Naïve Bayes Classifier https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2181 <p>Technological developments have made various activities easier, including shopping. Through applications, users can make transactions without having to meet face-to-face with sellers. Although it provides convenience, this service does not always run perfectly. One example of a well-known e-commerce application in Indonesia is Shopee. This study analyzes the Shopee application because it significantly supports the Indonesian economy through digitizing trade. Data from 3,000 Shopee reviews obtained from the Google Play Store website in 2025 were analyzed using Natural Language Processing with the Naïve Bayes method, classifying reviews into positive and negative sentiment categories. From the labeling results, text from each sentiment category was extracted to generate essential and valuable information for decision-making. The sentiment classification using the Naïve Bayes Classifier achieved an accuracy rate of 81.30%. The findings of this study can serve as a foundation for enhancing customer satisfaction and comfort, as well as improving the quality of Shopee’s products and services, in line with consumer expectations.</p> Atika Andrian Asmiran, Azzka Farikatun Nassa, Ayuni Layinah, Warto Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2181 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Aplikasi Pembelajaran pada Anak Umur 6–7 Tahun Berbasis Web https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2176 <p>An application refers to the use of a computer program consisting of instructions or statements arranged in such a way that the computer can process inputs into outputs. This web-based learning application is developed to support the learning process of children aged 6–7 years through interactive and enjoyable media. By utilizing web technology, the application delivers various learning materials that cover fundamental skills such as reading, writing, arithmetic, and the introduction of other basic concepts. It is designed with a child-friendly interface, supported by engaging animations and gamification features aimed at increasing children's motivation and interest in learning.</p> M. Yazed Vebriandi, Edi Sudarsono, Nurhayani, Meyrani Saputri Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2176 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat dan SPPD Tenaga Pendidik dengan Metode Design Thinking https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2210 <p>Pengelolaan surat dan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) di institusi pendidikan masih banyak dilakukan secara manual. Ini mengakibatkan inefisiensi, kesulitan pencarian arsip, dan risiko kehilangan dokumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat solusi yang berpusat pada kebutuhan pengguna dengan menggunakan pendekatan <em>Design Thinking</em> untuk membangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat dan SPPD untuk tenaga pendidik. Metode <em>Design Thinking</em> termasuk <em>empathize</em>, <em>define</em>, <em>ideate</em>, <em>prototype</em>, dan <em>test</em>. Pengumpulan data dilakukan melalui pembacaan literatur, observasi, dan wawancara dengan karyawan administrasi dan guru. Hasil perancangan dituangkan dalam bentuk <em>prototype</em> sistem berbasis <em>web</em> dan model pemodelan (UML). Model ini mencakup fitur pembuatan program kegiatan, unggah bukti transportasi, SPPD dan biodata. Untuk mengevaluasi efektivitas dan kemudahan penggunaan <em>prototype</em>, pengujian kegunaan dilakukan dengan instrumen standar (misalnya SUS/UEQ) dan pengamatan tugas.</p> Yanuar Apriliansyah, Rifqi Fahrudin, Kusnadi Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2210 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Sistem Informasi Penjualan Resto Homade Pekalongan Berbasis Website (Studi KAsus: Resto Homade Pekalomgan) https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2202 <p>Homade Pekalongan saat ini masih melakukan penghitungan dan pelaporan transaksi penjualan secara konvensional sehingga menimbulkan beberapa kendala seperti kekeliruan saat pelaporan transaksi dan pembuatan laporan yang memakan waktu tidak sebentar. Maka dari itu dibuatlah Sistem Informasi Penjualan Resto Homade Pekalongan berbasis <em>Website</em> agar pelaporan penjualan semakin terorganisir. Sistem Informasi Penjualan Resto Homade Pekalongan berbasis <em>Website</em> ini dibuat menggunakan metode <em>SDLC (Software Development Life Cycle) waterfall</em> untuk pengembangannya , dengan <em>framework CodeIgneter 3</em>, <em>PHP</em>, dan <em>MySQL</em>. Sistem ini berisi menu untuk menampilkan informasi produk, pengguna aplikasi (<em>multi-level login</em>), pendapatan, pengeluaran, sisa uang, grafik pendapatan perminggu, perbandingan pendapatan dan pengeluaran harian, cetak nota penjualan, laporan transaksi dan laporan laba rugi bulanan. Bahkan sistem ini telah dilengkapi fitur pengajuan dan persetujuan untuk perubahan transaksi jikalau terdapat kekeliruan saat admin mem asukkan data.</p> Siti Elisa Rahmawati, Hadwitya Handayani, Fenilinas Adi Artanto Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2202 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000 Penerapan SVM Sebagai Algoritma Machine Learning Dalam Analisis Sentimen Terhadap Telemedicine di Indonesia https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2201 <p><em>Telemedicine</em> di Indonesia telah berkembang sejak diperkenalkan pada tahun 2012, namun masih menghadapi tantangan terkait pemahaman teknologi dan keterbatasan akses di daerah terpencil. Mengingat pentingnya t<em>elemedicine</em> dalam meningkatkan akses layanan kesehatan, pemahaman terhadap persepsi publik menjadi krusial untuk mengevaluasi penerimaan dan kendala yang dihadapi. Analisis sentimen dapat membantu mengidentifikasi opini masyarakat terhadap layanan ini, baik dari segi manfaat maupun hambatan yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen publik terhadap layanan <em>telemedicine</em> menggunakan data dari media sosial X. Data dikumpulkan melalui teknik scraping dengan kata kunci "<em>Telemedicine</em>" dan dianalisis menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 525 <em>tweet</em> yang dianalisis, 468 <em>tweet</em> memiliki sentimen positif, 48 <em>tweet</em> negatif, dan 9 <em>tweet</em> netral. Model SVM menunjukkan tingkat akurasi sebesar 84%, dengan <em>precision</em> 28%, <em>recall</em> 33%, dan F1-<em>score</em> 30%</p> Shafa Nadhifah, Aslam Fatkhudin, Fenilinas Adi Artanto Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Informatika https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/2201 Sat, 01 Nov 2025 00:00:00 +0000