SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS WISATA GUNUNG DI PEKALONGAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Saifudin Saifudin Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Aslam Fatkhudin Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Edy Subowo Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v7i1.344

Keywords:

Sistem Informasi, Wisata, Android, Android Studio

Abstract

 Selain terkenal dengan batiknya, Pekalongan juga terkenal dengan destinasi wisata, keindahan seni dan budayanya. Keindahan alam yang ada di kota yang terletak di kawasan jalur pantai utara jawa ini, juga memiliki segudang destinasi wisata alam yang ditawarkan, seperti curug, pantai dan pegunungan. Pariwisata lokal dapat membuat perekonomian warga meningkat dan juga bisa menjadi media promosi untuk kekayaan lokal. Tetapi dengan banyaknya destinsai wisata tersebut, masih banyak yang belum terekspose dan minim informasi seperti obyek wisata mengenai gunung-gunung di Pekalongan. Padahal di era digital ini seharusnya informasi bisa terbuka lebar kemedia masa baik itu media cetak maupun media elektronik. Selain itu perkembangan teknologi terutama pada ponsel, sekarang ini sudah menjadi smartphone dengan menggunakan teknologi sistem operasi Android yang bersifat open source sehingga memungkinkan masyarakat untuk ikut mengembangkan sistem operasi tersebut maupun membuat aplikasi yang ada di dalamnya

 Berdasarkan permasalahan di atas, maka dibuatlah aplikasi Sistem Informasi Geografis Wisata Gunung Di Pekalongan berbasis android. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Sistem Informasi Geografis Wisata Gunung Di Pekalongan yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang wisata gunung, manfaat pendakian, prediksi cuaca, safery and rescue, mudah, cepat dan efektif sehingga dapat membantu wisatawan untuk mengenal wisata gunung di Pekalongan.

 Kata Kunci : Sistem Informasi, Wisata, Android dan Android Studio

 

Abstract

Besides being famous for its batik, Pekalongan is also famous for its tourist destinations, the beauty of its art and culture. The natural beauty in the city, which is located in the north coast of Java, also has a myriad of natural tourist destinations on offer, such as waterfalls, beaches and mountains. Local tourism can make the people's economy increase and can also be a media campaign for local wealth. But with many tourist destinations, there are still many who have not been exposed and lack information such as tourism objects in the mountains in Pekalongan. Even though in this digital era, information should be widely available both in print and electronic media. Besides technological developments, especially on cellphones, now it has become a smartphone using Android operating system technology that is open source, allowing people to participate in developing the operating system and making applications that are in it.

 Based on the problems above, the application of the Geographic Tourism Information System in Pekalongan is based on Android. The results of this study are the application of Geographic Information System for Mountain Tourism in Pekalongan that can provide information to the community about mountain tourism, the benefits of climbing, weather prediction, safery and rescue, easy, fast and effective so that it can help tourists to know mountain tourism in Pekalongan.

 Keywords : Information System, Tourism, Android, and Android Studio

Downloads

Published

2019-11-01