SISTEM INFORMASI INVENTARIS ALAT DAN BARANG BERBASIS WEB PADA SMA KANDANGSERANG

Authors

  • Ahmad Khambali Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Agus Siswanto Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v5i1.330

Keywords:

Sistem Informasi, Inventaris, Web, PHP, MySQL

Abstract

Pada saat ini proses inventarisasi alat dan barang dilakukan secara manual, sehingga memerlukan waktu yang lama untuk proses penulisan dengan tangan. Sebagian besar instansi pendidikan di negara kita tidak memiliki sistem yang menyediakan informasi inventarisasi alat dan barang secara online dalam hal ini study kasus di SMA 1 Kandangserang.

Untuk menunjang kegiatan inventarisasi barang di SMA 1 Kandangserang diperlukan sebuah aplikasi yang di sebut Sistem Informasi Inventarisasi alat dan barang. Metode yang di gunakan dalam sistem ini memanfaatkan web sebagai media akses dengan bahasa pemrograman menggunakan PHP dan MYSQL sebagai media penampung database.

Dari hasil pengujian berdasarkan didapatkan bahwa aplikasi Sistem inventarisasi alat dan barang di SMA 1 Kandangserang dapat bekerja dengan baik. Sehingga ketika pengguna ingin mengecek apa saja alat dan bahan yang sudah masuk, bagaimana kondisi barang, berapa harga barang serta dari mana perolehan barang tersebut.

Kata kunci : Sistem informasi, Inventaris, web, PHP, MySQL

Abstract

At this time the equipmen and inventory process is done manually, so it takes a long time for the process of writing by hand. Most of the educational institutions in our country do not have a system that provides an inventory of equipment and information online in this case a case study an SMA 1 Kandangserang.

To support the activities of in inventory of goods in SMA 1 Kandangserang required an application called the Inventory Information System tools and goods. The method used in this system are using the Web as a medium access by using the programming language PHP and MySQL as a database container media.

From  the test results showed that the application system is based on an inventory of equipment and SMA 1 Kandangserang can work well. So that when the user wants to check what are the tools adn materials that have come in, how the condition of the item, how much the price of goods and where the acquisition of goods.

Keywords : Information System, inventory, web, PHP, MySQL

Downloads

Published

2018-11-01