RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN DAN DAYA SAING USAHA PADA UMKM (Studi Kasus di HF Batik Putra Wiradesa)

Authors

  • Ari Muhardono Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v5i1.327

Keywords:

E-Commerce, Sistem Informasi, Penelitian dan Pengembangan

Abstract

HF Batik Putra is one of the small and medium enterprises with products sold is Batik. The existence of a business unit that only has one store with a manual sales system certainly does not allow this business unit to expand the marketing area and reach all regions, the difficulty on obtaining information about HF Batik Putra products is also the reason why sales of HF Batik Putra are difficult to increase.

The research conducted was a research and development research which focused on designing and developing a sales information system based on Online (E-Commerce) at HF ​​Batik Putra Pekalongan.

The methodology used for the design and development of this E-Commerce system is a structured methodology with the SDLC (System Development Life Cycle) model.

The results of this study are that the application of E-Commerce can help the HF Batik Putra business to grow and increase the yield of its sales turnover so that it can have implications for improving service towards the customers and administrative management.

Keyword : E-Commerce; Information System; Research and Development

 

ABSTRAKSI

HF Batik Putra merupakan salah satu unit usaha kecil menengah dengan produk yang dijual adalah batik. Keberadaan unit usaha yang hanya memiliki satu toko dengan sistem penjualan manual tentu tidak memungkinkan unit usaha ini untuk memperluas area pemasaran dan menjangkau semua wilayah, sulitnya memperoleh informasi mengenai produk HF Batik Putra menjadi  penyebab omset penjualan HF Batik Putra sulit meningkat.

Penelitian ini merupakan penelitian research and development (penelitian dan pengembangan). Fokus Penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan sistem informasi penjualan berbasis Online (E-Commerce) di HF Batik Putra Pekalongan.

Metodelogi yang digunakan untuk perancangan dan pengembangan sistem E-Commerece ini, adalah metodologi terstruktur dengan model SDLC (System Development Life Cycle).

Hasil dari Penelitian ini adalah dengan Penerapan Aplikasi E-Commerce dapat membantu usaha HF Batik Putra untuk lebih berkembang dan meningkat hasil omset penjualannya sehingga dapat berimplikasi pada peningkatan pelayanan terhadap pelanggan (konsumen) dan manajemen administrasi

Keyword : E-Commerce, Sistem Informasi, Penelitian dan Pengembangan

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Muhardono, A. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN DAN DAYA SAING USAHA PADA UMKM (Studi Kasus di HF Batik Putra Wiradesa). Jurnal Surya Informatika, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v5i1.327