MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN WAYANG BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

Authors

  • Ahmad Khambali Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Kusningsih Kusningsih Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v4i1.322

Keywords:

Pengenalan Wayang, Media Pembelajaran, Website

Abstract

The development of information and communication technology makes educational institutions implement web-based instructional media systems to improve the effectiveness and flexibility of learning. The role of instructional media on the students activity is so big and has become the main facility for learning activities in the field of education and the learning process. But the uneffective on learning activities lead the students become less interested in these subjects. One of the less interested subjects today is learning the Java language on the introduction of wayang and wayang story. So to improve morale and students' interest in wayang, the application made web-based learning media introduction of wayang tha are contain of wayaang and exercises.

web-based learning media introduction of wayang using php and mysql created by the author is able to attract students to study and improve the students' academic achievement. Author expected learning media system can be useful and can improve student achievement.

Keywords : Intruduction puppets , learning Media , Website .

 

ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Peranan media pembelajaran pada aktivitas siswa pada saat ini begitu besar dan telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada bidang pendidikan dan proses pembelajaran. Akan tetapi kegiatan belajar yang tidak efektif menyebabkan siswa kurang meminati mata pelajaran tersebut. Salah satu mata pelajaran yang kurang di minati di jaman sekarang ini adalah pelajaran bahasa jawa tentang pengenalan wayang baik tokoh wayang atau cerita wayang. Maka untuk meningkatkan semangat dan minat siswa dalam mempelajari wayang dibuatlah aplikasi media pembelajaran pengenalan wayang berbasis web yang berisi konten tentang wayang dan latihan soal.

Sistem media pembelajaran pengenalan wayang berbasis web menggunakan php dan mysql yang dibuat oleh penulis mampu menarik minat siswa untuk mempelajari dan juga meningkatkan prestasi akademik siswa tersebut. Diharapkan sistem media pembelajaran ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan prestasi siswa.

Kata Kunci : Pengenalan Wayang, Media Pembelajaran, Website.

Downloads

Published

2017-05-01