SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI SISWA BERBASIS WEB PADA SMK MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

Authors

  • Hadwitya Handayani Kusumawardhani Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Syafii Syafii Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v2i1.309

Keywords:

Sistem Informasi, Pengolahan Nilai, Web

Abstract

Processing Information Systems Web-Based Student Value is a system that provides information student activity form value statements and information student informat is concerned with web-based, so it helps speed and quality to tell the of information. Problems that occur in the processing of the values ​​in  Vocational Muhammadiyah Karanganyar today is still conventional, are still written in the report book of so much time and effort to solve the task. This study aims to establish an information system that makes it easy to examine values, recording and reporting of data values ​​computerized student. In addition to the web-based data information can be accessed anytime. This application uses multiuser consisting Super admin, admin, teachers, parents, and students at the guidance counseling current login will open the application that there is a security program. This system works to enter and save values data ​​and attendance reports and displays information from the school so we much easier knowing the information to be submitted by the school. This research is expected to generate a processing system values ​​that support the work of teachers and can help users to perform processing values ​​to the management of the value that can be processed effectively and efficiently, so that it can directly access and information (announcement) can be conveyed properly. Additionally Interface System is implemented in accordance with existing Value calculation.

Keywords: System, Information Processing Values, Web.

 

ABSTRAKSI

Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa Berbasis Web merupakan suatu sistem yang memberikan informasi laporan keaktifan siswa secara online yang berupa laporan nilai serta informasi siswa yang bersangkutan dengan berbasiskan web, sehingga membantu kecepatan dan kualitas dalam penyampaian informasi. Permasalahan yang terjadi dalam pengolahan nilai nilai di SMK Muhammdiyah Karanganyar saat ini masih bersifat konvensional, yaitu masih ditulis di buku nilai sehingga banyak waktu dan tenaga diperlukan untuk memproses tugas tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem informasi nilai yang mempermudah pengcekan, pencatatan dan laporan data nilai siswa yang terkomputerisasi. Selain itu dengan berbasiskan web maka informasi data dapat diakses kapan saja. Aplikasi ini menggunakan multiuser yang terdiri Super admin, admin, guru, orang tua, BK dan siswa pada bagian login saat akan membuka aplikasi sehingga keamanan program ada. Sistem ini bekerja untuk memasukan dan menyimpan data laporan nilai dan absensi serta menampilkan informasi dari sekolah tersebut sehingga lebih mudah mengetahui informasi yang akan disampaikan oleh pihak sekolah.

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pengolahan nilai yang membantu kerja dari para guru dan dapat mempermudah pengguna untuk melakukan proses pengolahan nilai secara efektif dan efisien, sehingga bisa langsung di akses serta informasi (pengumuman) dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu antarmuka sistem diimplementasikan sesuai dengan tampilan perhitungan nilai ada.

Kata Kunci : Sistem, Informasi, Pengolah Nilai, Web.

Downloads

Published

2016-05-01