Aplikasi Pembelajaran pada Anak Umur 6–7 Tahun Berbasis Web
Aplikasi Pembelajaran pada Anak Umur 6–7 Tahun Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v15i2.2176Keywords:
web-based learning, early childhood education, gamification, interactive media, basic skillsAbstract
An application refers to the use of a computer program consisting of instructions or statements arranged in such a way that the computer can process inputs into outputs. This web-based learning application is developed to support the learning process of children aged 6–7 years through interactive and enjoyable media. By utilizing web technology, the application delivers various learning materials that cover fundamental skills such as reading, writing, arithmetic, and the introduction of other basic concepts. It is designed with a child-friendly interface, supported by engaging animations and gamification features aimed at increasing children's motivation and interest in learning.
References
W. Joni Kurniawan, “Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembela-jaran pada TK Amal Ikhlas,” Jurnal Maha-siswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Infor-masi, vol. 1, no. 3, pp. 154–159, 2019.
S. Aisa, N. Aini, and I. Djafar, “Penerapan Teknologi Progressive Web Apps pada Aplikasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Dirosa,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and In-formation Technology), vol. 3, no. 2, pp. 66–72, Aug. 2022, doi: 10.37859/coscitech.v3i2.3930.
R. H. Lestari, A. Sumitra, R. Nurunnisa, and M. Fitriawati, “Perancangan Perencanaan Pem-belajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem In-formasi Berbasis Website,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1396–1408, Nov. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.770.
H. A. Setianto and A. Arifin, “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Pen-didikan Anak Usia Dini,” 2016.
D. Windisari, A. H. Dalimunthe, and S. Rah-mawati, “Pengembangan Sistem Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Aplikasi Mobile,” Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya, vol. 1, no. 1.
T. B. B. Saputri, N. Sakinah, M. N. Rumatiga, and H. Haerunnisa, “Implementasi Metode Waterfall dalam Pembuatan Aplikasi Pembela-jaran Bahasa Inggris Pendamping Berbasis Web,” ILKOMNIKA: Journal of Computer Sci-ence and Applied Informatics, vol. 5, no. 3, pp. 162–172, Dec. 2023, doi: 10.28926/ilkomnika.v5i3.574.
R. Musfikar et al., “APLIKASI BERBASIS WEB PEMBELAJARAN ADAT ACEH (Aceh Customary Learning Web-Based Applica-tion).” [Online]. Available: http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/
Risqi Choirunnisa and Sri Widiyanti, “Imple-mentasi Google Sites Sebagai Media Pembela-jaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus,” JURNAL PENELITIAN SISTEM INFORMASI (JPSI), vol. 1, no. 3, pp. 66–74, Jul. 2023, doi: 10.54066/jpsi.v1i3.669.
R. Noveandini and M. S. Wulandari, “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA ONLINE (E-LEARNING) BAGI WANITA KARIR DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN FLEKSIBILITAS PEMANTAUAN KEGIATAN BELAJAR ANAK SISWA/I SEKOLAH DASAR,” 2010.
W. Hidayat, M. Syahid Nur Wahid, and N. Syafitri, “Fundamental and Applied Manage-ment Journal Jurnal Kreativa: Kemitraan Re-sponsif untuk Aksi Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Membangun Sarana Pendidikan Inovatif: Media Pembelajaran Interaktif Ber-basis Web Untuk Anak Usia Dini,” Jurnal Kre-ativa: Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2023.
I. Komang and S. Buana, “Aplikasi Website Interaktif untuk Deteksi Tumbuh Kembang Anak Interactive Website Application for Pedi-atric Developmental Growth Detection,” Citec Journal, vol. 3, no. 2, 2016.
B. Huda, A. S. Amin, F. Nurapriani, and A. Damuri, “Aplikasi Monitoring Perkembangan Edukasi Anak Usia Dini Berbasis Web,” Jurnal Informatika Utama, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, Jun. 2023, doi: 10.55903/jitu.v1i1.70.
A. N. Aeni, D. Djuanda, M. Maulana, R. Nursaadah, and S. B. P. Sopian, “PENGEMBANGAN APLIKASI GAMES EDUKATIF WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI MATER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD,” Primary: Jurnal Pendidi-kan Guru Sekolah Dasar, vol. 11, no. 6, p. 1835, Dec. 2022, doi: 10.33578/jpfkip.v11i6.9313.
P. Rambe, “PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEB,” Arabi : Journal of Arabic Studies, vol. 4, no. 1, p. 55, Jul. 2019, doi: 10.24865/ajas.v4i1.138.
M. A. Budiman, A. Widyaningrum, and M. Azizah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPELLING DAN PRONOUNCIATION ANAK USIA SEKOLAH DASAR,” Wawasan Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 517–532, Aug. 2023, doi: 10.26877/wp.v3i2.14821.
N. R. H. Meduri, R. Firdaus, and H. Fitriawan, “EFEKTIFITAS APLIKASI WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK,” Akademika, vol. 11, no. 02, pp. 283–294, Dec. 2022, doi: 10.34005/akademika.v11i02.2272.
R. Khoriyah and A. Muhid, “Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka,” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelaja-ran, pp. 192–205, Oct. 2022, doi: 10.21093/twt.v9i3.4862.
H. Apriliana Saputri et al., “ANALISIS PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA BERBASIS WEBSITE UNTUK EVALUASI KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR,” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, vol. 11, no. 1, 2024.
R. Noviana Khoirunnisa, D. Kusuma Dewi, and D. Nurwidawati, “Pembelajaran E-Learning Perkembangan Anak di Jurusan Psikologi Online Learning Model for the Child Develop-ment Course in Psychology Department,” Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, vol. 9, no. 1, pp. 62–76, 2018.
T. T. Mukarromah and P. Agustina, “Gamifi-kasi Berbasis Aplikasi dan Pembelajaran Anak Usia Dini,” Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 18, no. 1, pp. 18–27, May 2021, doi: 10.17509/edukids.v18i1.33338.
A. Zulfahmi, V. Ari Mahardika Putra, and I. Djafar, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelaja-ran Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Ber-basis Web,” vol. 1, pp. 96–105, 2022.
A. B. Rubminto, “Model Pembelajaran Mengaji Berbasis Web Untuk Mempermudah dan Memfasilitasi Proses Belajar Mengaji Bagi Anak-Anak,” The Indonesian Journal of Com-puter Science, vol. 13, no. 5, Oct. 2024, doi: 10.33022/ijcs.v13i5.4429.
M. Adi Putra, Suendri, and Indah Ananda, “Perancangan Sistem Informasi Media Pem-belajaran Pada Taman Kanak-Kanak Kali Bening Berbasis Web,” Bulletin of Computer Science Research, vol. 3, no. 1, pp. 30–36, Dec. 2022, doi: 10.47065/bulletincsr.v3i1.192.
Haryati, U. Surapti, M. A. Septiansyah, and T. O. Lingga, “Program Peningkatan Aset PAUD Seroja dengan Mengembangkan Fasilitas Pembelajaran Berkualitas Pada Anak Usia Dini Berbasis Web,” Jurnal Pengabdian Na-sional (JPN) Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 293–298, Jan. 2024, doi: 10.35870/jpni.v5i1.660.
S. P. Wulandari, S. Umayaroh, and P. Ma-hanani, “Analisis Dampak Negatif Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Daring Ditin-jau dari Perilaku Anak Kelas V SD,” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, vol. 1, no. 6, pp. 456–464, Jul. 2021, doi: 10.17977/um065v1i62021p456-464.
P. Ambarwati and P. Syifa Darmawel, “IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA.”
A. P. Satrianingrum, F. Agus Setiawati, P. Y. Fauziah, F. Pascasarjana, and U. N. Yogyakar-ta, “Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat ARTICLE INFO ABSTRACT,” Jurnal Pen-didikan Anak, vol. 10, no. 1, pp. 34–41, 2021.




