Perancangan Game Mobile Drag And Drop Sebagai Alat Pembelajaran CRUD
DOI:
https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v15i2.2166Keywords:
Game mobile, drag and drop, pembelajaran bahasa pemrograman, PHP CRUD, motivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas game mobile berbasis drag and drop sebagai alat pembelajaran bahasa pemrograman, khususnya dalam memahami konsep dasar PHP CRUD bagi pemula. Game ini dirancang untuk mempermudah siswa dalam memahami struktur dan implementasi operasi CRUD melalui mekanisme interaktif yang sederhana dan intuitif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pre-test dan post-test yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan game dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar PHP CRUD, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Fitur drag and drop dalam game memungkinkan siswa untuk lebih mudah mengakses dan memahami materi pemrograman, yang sebelumnya dianggap sulit. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan game mobile berbasis drag and drop dapat menjadi alternatif yang efektif dan menarik dalam pembelajaran bahasa pemrograman di tingkat pemula. Pengembangan lebih lanjut dari game ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam dunia pendidikan teknologi
References
M. Sudeka, A. Setiawan, U. Muhammadiyah Surakarta, and J. A. Yani Mendungan Pabelan Kartasura Surakarta, “FlowEdu: Aplikasi mobile sebagai media pembelajaran flowchart dengan fitur puzzle drag and drop,” J. Pendidik. Inform. dan Sains, vol. 13, no. 2, pp. 102–110, Dec. 2024, doi: 10.31571/SAINTEK.V13I2.5195.
M. S. Jazuli, M. Rizki, N. Syaidatus, S. A. Hayat, and M. Syauqi Jazuli, “Animal Matchup: A Drag-and-Drop Interactive Game to Foster Knowledge of Animals on Android,” Gameology Multimed. Expert, vol. 2, no. 3, pp. 96–102, Jul. 2025, doi: 10.29103/GAME.V2I3.22552.
S. Zainudin et al., “Pembangunan dan Penilaian Pengguna untuk Aplikasi Kesedaran Etika Siber,” Malaysian J. Inf. Commun. Technol., vol. 7, pp. 54–68, Jun. 2022, doi: 10.53840/MYJICT7-1-9.
S. W. Salsabila and U. Khothibul, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Buah untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode R&D | INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management,” Journal of Information Management, 2023. https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/2700 (accessed Aug. 03, 2025).
A. Sani, E. Darmawan, and S. Kom, “Pembangunan Aplikasi Mobile Podcast Untuk Startup Konekzy,” J. Strateg. - J. Maranatha, vol. 3, no. 1, pp. 237–249, Apr. 2021, Accessed: Aug. 03, 2025. [Online]. Available: https://www.strategi.it.maranatha.edu/index.php/strategi/article/view/263.
M. Masnur and T. H. Purnomo, “GAME ONLINE DUEL MATEMATIKA BERBASIS WEB,” J. Fokus Elektroda Energi List. Telekomun. Komputer, Elektron. dan Kendali), vol. 6, no. 4, pp. 187–194, Nov. 2021, doi: 10.33772/JFE.V6I4.20782.
B. Mide and M. Masnur, “APLIKASI VIRTUAL TOUR FAKULTAS TEKNIK BERBASIS ANDROID MOBILE,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 113–119, May 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.1095.
M. F. I. Haq, S. Nadhifah, and F. A. Artanto, “Penerapan Human Computer Interaction Pada Website Simasmu Menggunakan Metode WebQual 4.0,” J. Surya Inform., vol. 15, no. 1, pp. 1–8, May 2025, doi: 10.48144/SURYAINFORMATIKA.V15I1.2067.
M. Masnur, A. Wafiah, H. Hatma, D. M. Sari, M. Yunus, and M. R. Rapi, “Hijaiyah letter learning media application with the Android-based Bugis language method,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 404–410, Aug. 2023, doi: 10.37859/COSCITECH.V4I2.5484.
M. Masnur, F. Saing, A. Adnan, N. Putri, F. Ferdiansyah, and M. Rusman, “Implementasi E-Commerce Usaha Briket Arang Serbuk Gergaji Pada Lkm Usaha Bersama Kota Parepare,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 3, pp. 5827–5832, Jun. 2024, doi: 10.31004/CDJ.V5I3.29890.
M. Ijai, A. Arbansyah, and S. H. Suryawan, “Penerapan Algoritma Random Walk Untuk Procedural Map Pada Game ‘The Last Hope’ 2D,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 4, no. 3, pp. 754–762, Jan. 2023, doi: 10.37859/COSCITECH.V4I3.6420.
E. W. Hidayat, E. Nur, F. Dewi, and I. S. Ramadhan, “Application Of Procedural Content Generation System In Forming Dungeon Level In Dungeon Diver Game,” J. Tek. Inform., vol. 5, no. 3, pp. 873–881, Jun. 2024, doi: 10.52436/1.JUTIF.2024.5.3.1465.
C. R. Putri and S. Fitriani, “Analisa Usability pada Website Produk Masker Rambut It’s My Holy,” J. Surya Inform., vol. 15, no. 1, pp. 36–40, May 2025, doi: 10.48144/SURYAINFORMATIKA.V15I1.2069.
A. Deteksi et al., “Aplikasi Dini Malnutrisi Anak Pada Puskesmas Buaran Berbasis Android,” J. Surya Inform., vol. 14, no. 2, pp. 40–49, Nov. 2024, doi: 10.48144/SURYAINFORMATIKA.V14I2.1940.
E. Subowo and I. K. Negeri Saifuddin Zuhri Purwokerto edysubowo, “Implementasi Pembelajaran Mendalam dalam Klasifikasi Sentimen Ulasan Aplikasi: Evaluasi Model BERT, LSTM, dan CNN,” J. Surya Inform., vol. 14, no. 2, pp. 66–70, Nov. 2024, doi: 10.48144/SURYAINFORMATIKA.V14I2.1973.
Irmayani et al., “Strategy Analysis for Implementing Rice Transplanter Planting Machine Technology in Rice Farming Using the Interpretive Structural Modeling (ISM) Method in South Sulawesi,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 10, no. 4, pp. 1827–1836, Apr. 2024, doi: 10.29303/JPPIPA.V10I4.7124.
I. Irmayani, A. Arman, N. Ilmi, and M. Masnur, “Community Empowerment in Utilizing Local Agricultural Waste as an Effort to Recover The Red Onion Farming Economy:,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 4, pp. 1018–1025, Aug. 2023, doi: 10.31849/DINAMISIA.V7I4.14479.
Irmayani et al., “Strategy for Strengthening Arabica Coffee Agribusiness Institutions Through an Interpretative Structural Modelling Approach in South Sulawesi, Indonesia,” J. AGRISEP Kaji. Masal. Sos. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 24, no. 01, pp. 217–230, Mar. 2025, doi: 10.31186/JAGRISEP.24.01.217-230.
A. Khambali and K. Kusningsih, “Media Pembelajaran Pengenalan Wayang Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Surya Inform., vol. 4, no. 1, pp. 36–40, May 2017, doi: 10.48144/SURYAINFORMATIKA.V4I1.322.
Masnur and S. Alam, “Web Server Based Electrical Control System Analysis for Smart Buildings,” Adv. Sustain. Sci. Eng. Technol., vol. 6, no. 4, pp. 02404022–02404022, Oct. 2024, doi: 10.26877/ASSET.V6I4.1120.




