Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Gopay Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Support Vector Machine
DOI:
https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v14i1.1787Keywords:
Analisis Sentimen, Support Vector Machine, GopayAbstract
Gopay adalah salah satu aplikasi di google play store. Aplikasi Gopay sudah diunduh sebanyak 10 juta kali namun hanya memiliki rating 4,4. Pada google play store pemberian rating aplikasi diikuti dengan ulasan dari para pengguna terhadap aplikasi. Ulasan yang ada cukup banyak dan tidak terstruktur serta mengandung opini dari para pengguna tentang kepuasan mereka terhadap aplikasi tersebut sehingga sering dijadikan pertimbangan oleh calon pengguna untuk memilih aplikasi yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan analisis sentimen menggunakan algoritma Support Vector Machine untuk mengetahui bagaimana sentimen para pengguna terhadap aplikasi GOPAY di google play store. Penelitian ini menggunakan metode Knowledge Discovery in Database (KDD). Data yang digunakan merupakan ulasan aplikasi GOPAY sebanyak 29554 data yang terdiri dari 23961 ulasan positif dan 5593 ulasan negatif. Hasil terbaik diperoleh pada skenario 1 (90:10) menggunakan kernel RBF (Radial Basis Function) yang menghasilkan accuracy 65% precision 71,43%, recall 50%, dan f1-score 58,82%.