Sentiment Analisis Ulasan Aplikasi Livin Pada Google Play Store
DOI:
https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v14i1.1785Keywords:
Analisis Sentimen, Support Vector Machine, LivinAbstract
LIVIN adalah salah satu aplikasi platform di google play store. Aplikasi Livin sudah diunduh sebanyak 10 juta kali namun hanya memiliki rating 3,5. Pada google play store pemberian rating aplikasi diikuti dengan ulasan dari para pengguna terhadap aplikasi. Ulasan yang ada cukup banyak dan tidak terstruktur serta mengandung opini dari para pengguna tentang kepuasan mereka terhadap aplikasi tersebut sehingga sering dijadikan pertimbangan oleh calon pengguna untuk memilih aplikasi yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan analisis sentimen menggunakan algoritma Support Vector Machine untuk mengetahui bagaimana sentimen para pengguna terhadap aplikasi LIVIN di google play store. Penelitian ini menggunakan metode Knowledge Discovery in Database (KDD). Data yang digunakan merupakan ulasan aplikasi LIVIN sebanyak 209395 data yang terdiri dari 125736 ulasan positif dan 8359 ulasan negatif. Hasil terbaik diperoleh pada skenario 1 (90:10) menggunakan kernel RBF (Radial Basis Function) yang menghasilkan accuracy 83.61% precision 87.07%, recall 76.52%, dan f1-score 81.45%