Pengembangan Aplikasi M-Learning Pengenalan Sejarah Perang Dunia II

Authors

  • Ferdinansyah Da Yuan Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Nasrullah Khomaeni Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Bian Khusharyanto Ariadanu Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Yoga Sahria Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v13i2.1664

Keywords:

Learning Media, M-Learning, World War II

Abstract

Pengenalan sejarah Perang Dunia II merupakan bagian penting untuk memahami peristiwa global yang berdampak signifikan terhadap dunia modern. Namun, metode pengajaran tradisional yang terbatas pada buku teks dan ceramah mungkin membatasi penyediaan pengalaman belajar yang interaktif dan mendalam bagi siswa. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi mobile learning (M-Learning) berbasis teknologi masa kini menjadi alternatif menarik untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi M-Learning yang fokus mengenalkan sejarah Perang Dunia II dengan metode Mobile Development Life Cycle (MDLC). MDLC adalah pendekatan sistematis untuk mengembangkan aplikasi seluler yang melibatkan tahapan seperti analisis, desain, pengembangan, pengujian, dan implementasi. Pengujian blackbox dilakukan dengan fokus pada fitur dan fungsi aplikasi. Selama tahap ini, berbagai skenario pengujian dirancang untuk memastikan bahwa aplikasi bekerja sesuai harapan pengguna. Diharapkan dengan dikembangkannya aplikasi M-Learning ini dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap sejarah Perang Dunia II melalui pengalaman belajar yang interaktif dan mendalam.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Da Yuan, F. ., Khomaeni, N. ., Ariadanu, B. K. ., & Sahria, Y. . (2023). Pengembangan Aplikasi M-Learning Pengenalan Sejarah Perang Dunia II . Jurnal Surya Informatika, 13(2), 18–23. https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v13i2.1664