Sistem Informasi Penyewaan Sound System dan Layos Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sambiroto Berbasis WEB

Authors

  • Sinta Rahma Wati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Aslam Fatkhudin Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Edy Subowo Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v13i2.1652

Keywords:

Desa Sambiroto, BUBUMDes, waterfall, My SQL,PHP

Abstract

Desa Sambiroto Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang menawarkan jasa pelayanan penyewaan sound system dan layos dalam penyewaan sound system dan layos BUMDes sambiroto masih di lakukan secara manual yaitu warga yang akan melakuan penyewaan harus mendatangi secara langsung pada bagian Sekretaris untuk melakukan penyewaan. Dan perekapan laporan masih menggunakan cara yang manual yaitu dengan cara dicatat dengan buku Hal ini akan menyebabkan kesalahan dalam perhitungan dan dapat menimbulkan kecurangan oleh pegawai yang melakukan kegiatan pembuatan laporan.

Tujuan dari pembuatan Sistem Informasi Penyewaan Sound System dan Layos adalah memberikan kemudahan bagi sekretaris BUMDes sambiroto dalam pembuatan laporan dan peneyewaan sound system dan layos di BUMDes Sambiroto. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah Observasi, Wawancara, dan studi pustaka, sedangka Waterfall digunakan dalam pengembangan sistem. Sistem ini dibangun dengan bahasa pemrograman php, Boostrap, dan untuk database menggunakan MySQL.

Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi penyewaan sound system dan layos BUMDes Sambiroto berbasis web, SistemĀ  informasi penyewaan sound system dan layos BUMDes Sambiroto berbasis web ini berisi 2 hak akses yaitu penyewa dan Admin. Penyewaa dapat melihat daftar barang, kontak BUMDes Sambiroto, History, dan profile, sedangkan Admin dapat mengisi info web, edit profile, daftar penyewa, detail transaksi, mengisi dan meng edit daftar barang, dan mencetak daftar booking penyewa .

Downloads

Published

2023-11-01