Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis WEB di UD Jaya Bersama Kecamatan Bandar

Authors

  • Harry Soepandi Harry Universitas Selamat Sri
  • Imron Masani Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v13i1.1447

Keywords:

persediaan barang, inventory, pengelolaan barang

Abstract

UD Jaya Bersama, adalah bengkel mobil dan toko suku cadang mobil paling lengkap dan paling murah di kota Bandar, oleh sebab itu UD Jaya Bersama menjadi rujukan utama bagi pemilik mobil untuk merawat mobil kesayangannya, ataupun hanya sekedar membeli suku cadang. Proses pendataan barang masuk dan barang keluar masih dilakukan dengan cara mencatat dengan manual. Sehingga sering terjadi kesalahan penulisan dan menyebabkan keterlambatan stok barang dan mengakibatkan omset penjualan menurun. Dengan penelitian ini penulis berharap dapat membantu UD. Jaya Bersama dalam menangani proses persediaan stok barang, pendataan barang masuk dan keluar, sehingga sistem yang akan dibangun diharapkan akan mempermudah pengelolaan stok barang di UD. Jaya Bersama Kec. Bandar.

Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari lima tahapan. Adapun tahapan tersebut yaitu requirement analysis, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing dan operation and maintenance. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman React JS.

Sistem informasi persediaan barang di UD Jaya Bersama ini dapat mempermudah proses pencatatan data barang masuk dan keluar sehingga mudah pula untuk memperoleh informasi stok persediaan barang. Program juga dilengkapi dengan fasilitas pembuatan laporan, sehingga proses pelaporan dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan efisien

Downloads

Published

2023-05-01