Sistem Informasi PPDB di SMP Muhammadiyah Wonopringgo Berbasis Android

Authors

  • Din Ery Veryal Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Alfa Yuliana Dewi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ahmad Khambali Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v13i1.1410

Keywords:

PPDB, Muhammadiyah, Pendaftaran, Sistem Informasi, Android

Abstract

Sistem informasi PPDB di SMP Muhammadiyah Wonopringgo merupakan sistem informasi yang digunakan untuk mengolah data-data mengenai bagaimana proses penerimaan peserta didik baru, mulai dari pendaftaran, pecatatan nilai test, informasi pendaftaran, serta informasi berita. Berdasarkan observasi hal itu masih manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Sistem Informasi PPDB SMP Muhammadiyah Wonopringgo Berbasis Android dengan maksud mempermudah dalam sistem pendaftaran.

Hal inilah yang melatarbelakangi dibuatnya sistem informasi PPDB di SMP Muhammdiyah Wonopringgo agar dapat memudahkan proses pendaftaran peserta didik baru serta mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peserta didk baru dengan lebih baik. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan studi pustaka, sedangkan tahap pengembangan sistem menggunakan metode waterfall.

Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi PPDB di SMP Muhammadiyah Wonopringgo berbasis Android, dalam aplikasi yang dibuat berisi menu untuk melakukan pendafatran, melihat informasi, data pendaftar, jadwal PPDB, dan data nilai test. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat diimplementasikan, sehingga dapat membantu serta meningkatkan kinerja para pekerja di SMP Muhammadiyah Wonopringgo.

Downloads

Published

2023-05-01