Sistem Survey Pelayanan Masyarakat di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v13i1.1403Keywords:
Sistem survey, Sistem pendataan, website, Pelayanan MasyarakatAbstract
Pengolahan data di kantor sangat penting karena dilakukan evaluasi terhadap pendataan sebelumnya dan pelaporan selanjutnya. Demikian pula, survey pengabdian masyarakat dilakukan di kantor wilayah provinsi Pekalongan. Merupakan data informasi masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran opini masyarakat tentang penggunaan jasa penyelenggara pelayanan publik dibandingkan dengan harapan. Kebutuhan Sistem Pendataan Kantor Republik Indonesia Dinas setempat masih menggunakan sistem manual dalam membagikan sebuah formulir untuk diisi dalam survey yang diajukan. Oleh karena itu dengan membangun sebuah aplikasi Sistem Survey Pelayanan Masyarakat Di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan Berbasis Web yang dapat menghemat waktu dan tenaga bagi penggunanya juga sebagai media alternatif pendataan supaya lebih efektif. Dalam pembuatan aplikasi Sistem Survey Pelayanan Masyarakat di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan Berbasis Web menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menganalisis proses pendataan secara langsung. Aplikasi ini menggunakan model SDLC air terjun (waterfall) sering juga di sebut model sekuensial linier (sequential linear). Dengan menempatkan 2 orang pengguna, yaitu Staff Instansi (admin) dan Masyarakat (konsumen). Staff Instansi (admin) dapat mengedit pengajuan pertanyaan pada kuisioner, mengontrol dan merekap data tersebut menjadi sebuah laporan, penyurvei hanya dapat mengisi data diri dan berbagai macam pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan pada kuisioner