ANALISIS USABILITY USER INTERFACE PADA APLIKASI E-COMMERCE SHOPPEE, TOKOPEDIA, LAZADA, ZALORA, JD.ID, BLIBLI DAN SOCIOLLA
DOI:
https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v12i2.1360Keywords:
Usability, User Interface, E-CommerceAbstract
Saat ini kegiatan jual beli mulai mengikuti pengembangan teknologi menggunakan media internet. Dengan adanya internet membuat banyaknya aplikasi e-commerce yang digunakan untuk memudahkan para pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi. Dengan banyaknya aplikasi e-commerce yang ada, setiap orang memiliki penilaian masing-masing ketika menggunakan aplikasi tersebut. Penilaian pada rating e-commerce juga dipengaruhi oleh para penggunanya. Salah satu faktornya adalah desain dari usability interface pada aplikasi e-commerce. Usability adalah bentuk dari sejauh mana produk aplikasi dapat digunakan oleh pengguna untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektivitas, efisiensi dan kepuasan dalam konteks penggunaan produk. Dilakukan penelitian studi komparasi mengenai usability desain user interface dari beberapa aplikasi e-commerce seperti Lazada, Shoppee, Tokopedia, JD.ID, Zalora, Blibli, dan Sociola. Dari analisa yang telah dilakukan, terlihat bahwa Shoppee menjadi e-commerce pilihan pengguna berdasarkan usability user interface, dengan nilai 4,2 untuk kemudahan dalam penggunaan aplikasi dan nilai 4,2 tentang kemungkinan aplikasi akan digunakan banyak orang. Lalu juga terlihat bahwa Zalora menjadi aplikasi e-commerce yang tidak diminati, dengan nilai 4,2 untuk kebutuhan akan bantuan technical suport dan nilai 3,2 untuk aplikasi e-commerce dengan user interface yang tidak konsisten