PARTIAL LEAST SQUARE � STRUCTURAL EQUATION MODELING (PLS-SEM) PADA HUBUNGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK

Authors

  • Fenilinas Adi Artanto Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Riza Fahlevi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Niar Ajeng Rachmayani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v11i1.1123

Keywords:

PLS-SEM, Perkumpulan Penggiat Programmer, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Perkumpulan Penggiat Programmer Indonesia merupakan perkumpulan yang digunakan untuk memasarkan hasil dari produk program dari para programmer. Lalu agar produk yang dijual bisa laku dipasarkan diperlukan sebuah penelittian untuk mengetahui bagaiaman kepuasan pelanggan yang membeli produk program pada Perkumpulan Penggiat Programmer Indonesai. Dilakukan pengumpulan data dari para konsumen yang aada lalu akan dilakukan analisis dengan menggunakan Partial Least Square Structural equation Modeling (PLS-SEM). Digunakannya PLS-SEM dikarena uji dengan PLS-SEM yang dapat digunakan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampelnya tidak harus besar. Dari hasil analisis mengunakan metode PLS-SEM didapatkan bahwa Kinerja, Kehandalan, Daya Tahan, Estetika, Kualitas, Membeli Secara Teratur  dan Menolak Produk lain tidak signifikan pada model yang dibangun sehingga variabel tersebut dihilangkan dari model karena memiliki nilai loading dibawah 0,5. Dan didapatkan Kualitas produk dan Loyalitas Pelanggan hanya mempengaruhi Kepuasan pelanggan sebesar 2 % dan Loyalitas Pelangganlah yang mempunyai pengaruh besar terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 28%.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Artanto, F. A., Fahlevi, R., & Rachmayani, N. A. (2021). Jurnal Surya Informatika, 11(1), 40–45. https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v11i1.1123