SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BBM DI SPBU KETITANG KECAMATAN BOJONG BERBASIS ANDROID

Authors

  • Aditya Kurniawan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Alfa Yuliana Dewi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Edy Subowo Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v11i1.1121

Keywords:

Persediaan, SIstem Informasi, Android

Abstract

Persediaan dalam perusahaan merupakan salah satu indikator yang berperan dalam memenuhi permintaan dari konsumen. Pada perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan BBM diperlukan kontrol persediaan yang akurat dalam mengatur data persediaan. Maka dari itu tujuan dari adanya penelitian ini yaitu merancang sistem informasi di SPBU Ketitang yang merupakan salah satu tempat pengisian bahan bakar yang masih tergolong baru yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Metode dari penelitian ini yaitu dengan metode observasi yaitu pengamatan objek penelitian secara langsung pada SPBU Ketitang Kecamatan Bojong, dengan mengajukan wawancara yang berkaitan dengan data persediaan BBM serta studi pustaka untuk melengkapi data penelitian.

Hasil dari penelitian ini yaitu berupa media pendataan persediaan BBM pada SPBU Ketitang Kecamatan Bojong dalam bentuk aplikasi Android yang dibangun sebagai media pelaporan data persediaan dari supervisor ke pemilik SPBU dengan menggunakan metode waterfall untuk pengembangan sistemnya serta perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem informasi persediaan BBM menggunakan ionic dan MySQL untuk databsenya

Downloads

Published

2021-11-01