FUZZY INFERENCE SYSTEM PADA EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA APLIKASI INSTRUMEN PEMBELAJARAN UNTUK GURU SMK ISLAM SALAKBROJO

Authors

  • Alfa Yuliana Dewi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Isna Putri Setyaningrum Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Wahyu Umaedi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v11i1.1119

Keywords:

Rencana Pembelajaran Semester, Fuzzy Inference System, Technologi Aceptance Model

Abstract

Guru menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di awal pengajaran sebagai pedoman dalam mengajar secara luring maupun daring, akan tetapi di masa pandemi ini terkadang mengalami beberapa hambatan sehingga pengajaran tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi Instrumen Pengajaran terhadap tantangan digital dan respon siswa adanya kegiatan pengajaran daring di SMK Islam Salakbrojo dengan Technology Acceptance Model : Evaluasi Pembelajaran (Praktikum Online). Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan angket dan dilanjutkan dengan analisis data deskriptif kuantitatif berbasis Fuzzy. Sistem Inferensi Fuzzy dengan 5 kriteria yaitu Kemanfaatan Penggunaan, Kemudahan Penggunaan, Sikap Terhadap Penggunaan, Minat Perilaku Penggunaan, dan Penggunaan Senyatanya dari hasil Technology Acceptance Model berdasarkan data survei Siswa pada Instrumen Pengajaran yang sudah disiapkan oleh guru di Aplikasi Classroom. Data hasil Fuzzy Inference digunakan untuk mendapatkan hasil kinerja guru beserta rekomendasi rencana tindak lanjut dari hasil yang didapatkan pada Technology Acceptance Model

Downloads

Published

2021-11-01