FUZZY INFERENCE SYSTEM PADA EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA APLIKASI INSTRUMEN PEMBELAJARAN UNTUK GURU SMK ISLAM SALAKBROJO
DOI:
https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v11i1.1119Keywords:
Rencana Pembelajaran Semester, Fuzzy Inference System, Technologi Aceptance ModelAbstract
Guru menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di awal pengajaran sebagai pedoman dalam mengajar secara luring maupun daring, akan tetapi di masa pandemi ini terkadang mengalami beberapa hambatan sehingga pengajaran tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi Instrumen Pengajaran terhadap tantangan digital dan respon siswa adanya kegiatan pengajaran daring di SMK Islam Salakbrojo dengan Technology Acceptance Model : Evaluasi Pembelajaran (Praktikum Online). Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan angket dan dilanjutkan dengan analisis data deskriptif kuantitatif berbasis Fuzzy. Sistem Inferensi Fuzzy dengan 5 kriteria yaitu Kemanfaatan Penggunaan, Kemudahan Penggunaan, Sikap Terhadap Penggunaan, Minat Perilaku Penggunaan, dan Penggunaan Senyatanya dari hasil Technology Acceptance Model berdasarkan data survei Siswa pada Instrumen Pengajaran yang sudah disiapkan oleh guru di Aplikasi Classroom. Data hasil Fuzzy Inference digunakan untuk mendapatkan hasil kinerja guru beserta rekomendasi rencana tindak lanjut dari hasil yang didapatkan pada Technology Acceptance Model