DECISION TREE PADA PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN DI MTS MUHAMMADIYAH KAJEN
DOI:
https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v11i1.1118Keywords:
Decesion tree, datamining, Media PembelajaranAbstract
Proses pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang diperlukan dalam Pendidikan. Hal ini juga dilakukan oleh MTS Muhammadiyah Kajen. Dimana MTS Muhammadiyah Kajen menggunakan metode pembelajaran berbasisi multimedia. Metode ini digunakan dengan tujuan agar proses pembelajaran bisa menjadi lebih menarik dan dapat materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Lalu apakah metode pembelajaran berbasis multimedia dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian terhadap metoe pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil pembelajaran pada siswa di MTS Muhammadiyah Kajen. Akan dikumpulkan data dari para siswa yang nantinya data tersebut akan di estimasi menggunakan algoritma Decesion Tree. Dipilihnya algoritma decision tree dikarenakan algoritma ini mempunyai tampilan hasil berupa pohon keputusan yang mudah untuk dipahami. Diambil data yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa yang terdiri dari minat belajar siswa, minat mengikuti pembelajaran tanpa multimedia, minat mengikuti pembelajaran secara daring, minat dalam pembelajaran multimedia, minat dalam mengikuti pembelajaran berbasis video, minat belajar dengan animasi, dan tugas yang diberikan setelah mendapatkan media pembelajaran. Dari data yang sudah terkupulkan dan diestimasi menggunakan decision tree dihaslikan bahwa hasil pembelajaran siswa berpengaruh pada 2 variabel, yaitu minat untuk belajar dan penggunaan media pembelajaran multimedia animasi, dengan tingkat peforma akurasi sebesar 96,67%. Cabang 1 yaitu jika Minat belajar siswa netral kebawah maka hasil pembelajarannya akan turun. Cabang 2 yaitu jika minat belajar siswa baik atau baik sekali maka dilihat dari minat pembelajaran animasi bila baik atau baik sekali maka hasil pembelajaran akan naik. Cabang 3 yaitu jika minat belajar siswa baik atau baik sekali maka dilihat dari minat pembelajaran animasi bila netral kebawah maka hasil pembelajaran akan turun.