Sistem Informasi Pemesanan dan Traksaksi Jasa Pangkas Rambut Pada AKA Barbershop berbasis Web dan Android

Authors

  • Nur Salim Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Aslam Fatkhudin Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Edy Subowo Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v10i1.1116

Keywords:

Android, React Native, Barbershop, Sistem Informasi Pemesanan

Abstract

AKA Barbershop adalah salahsatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pangkas rambut. Proses bisnis yang terdapat pada perusahaan AKA Barbershop tidak luput dari berbagai permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan. Selama ini kegiatan pemangkasan rambut dilakukan oleh konsumen yang bersangkutan dengan cara datang langsung ketempat barbershop tersebut. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya antrian yang panjang ketika banyak konsumen yang datang dan banyak konsumen yang pindah ke barbershop lain karena tidak mau mengantri serta masih menggunakan pembayaran secara manual artinya pelanggan membayar setelah selesai pangkas rambut hal ini menyebabkan waktu yang lama apabila pelanggan menggunakan uang yang lebih karena harus menunggu untuk mendapatkan kembalian uang.

Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi sistem informasi pemesanan dan transaksi jasa pangkas rambut pada AKA Barbershop berbasis Android, yang diharapkan dapat memudahkan pelanggan untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan melakukan pemesanan jasa melalui aplikasi tersebut. Dalam pembangunan aplikasi ini penulis menggunakan framework React Native dan NodeJS sebagai front-end, bahasa pemprograman PHP sebagai back-end, dan MySQL sebagai database.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu aplikasi sistem informasi pemesanan dan transaksi jasa pangkas rambut pada AKA Barbershop berbasis Android dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan melakukan pemesanan jasa melalui aplikasi dimana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan jaringan internet.

 

Downloads

Published

2021-05-01