ENSIKLOPEDIA MOTIF BATIK PEKALONGAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS PADA MUSEUM BATIK PEKALONGAN)

Authors

  • Muhammad Fikri Hidayatullah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Endry Endry Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v4i1.320

Keywords:

Batik, Unnesco, Pekalongan

Abstract

In modern times such as today the young generation prefers foreign culture rather tahan domestic  culture that is one of, it also occurs  in batic our nation’s  culture that is offten considered  the clothing of parents beside that, youngsters prefer the stylish clothes frequent ly claims from other  nations to culture  such as batic, it should not be claimed by other nations. The study using waterfall method where each stage must be completed first before passing to the next stage in  orther to avoid the repetition of stages.

From the results of research , it is easier to access Pekalongan batic motifs in addition visitors can also upload Pekalongan batic motifs by registering as a member. Batic is an Indonesion culture that has been recognized by unnesco so it is time for us as young people to preserve the culture of our nations.

Keyword:  batic, unnesco, pekalongan

 

ABSTRAKSI

Di zaman modern seperti saat ini banyak generasi muda yanng lebih  menyukai budaya luar dari pada budaya milik sendiri, hal ini juga terjadi pada batik dimana batik yang merupakan budaya bangsa kita seringkali dianggap identik dengan pakaian orang tua sehingga anak muda lebih suka dengan pakaian yang bergaya stylist dan seringnya terjadi klaim bangsa lain terhadap budaya kita sehingga jangan sampai batik yang merupakan hasil karya nenek moyang bangsa kita diklaim oleh bangsa lain.  Penelitian ini penulis mennggunakan metode waterfall dimana setiap tahapan harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum diteruskan ke tahap berikutnya untuk menghindari terjadinya pengulangan tahapan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan masyarakat lebih  mudah dalam mengakses motif batik pekalongan selain pengunjung juga dapat mengupload motif-motif batik Pekalongan dengan cara mendaftar sebagai member. Batik merupakan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh unnesco sudah saatnya kita sebagai  generasi muda untuk melestarikan budaya bangsa kita.

Kata Kunci:  batik, unnesco, pekaalongan

Downloads

Published

2017-05-01