PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KETERSEDIAAN KAMAR RAWAT INAP DI RSUD KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 7.0 DAN MYSQL

Authors

  • Hadwitya Handayani Kusumawardhani Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v3i1.317

Keywords:

Sistem Informasi, Ketersediaan Kamar, Pendaftaran Pasien

Abstract

The hospital is one of the health facilities that provide services to the public. Information availability are accurate inpatient rooms are needed in the hospital, due to ease and speed up service in the process of allocating patients to be hospitalized. At this time Kajen hospital inpatients registration process is still semi- manually, ie filling the data - patient data on a blank, fill out medical card patients, record patient data to the patient register book, then mengentri back the data into Microsoft Access to be stored. It takes a long time at the time of service. In addition to determine and select the rooms that are empty for inpatient room, the officer must first call to the room, room availability information and data made ​​by inpatient admissions in the form of books and records updated if new shift. This causes frequent availability of information data collection errors. So the author makes the availability of information systems inpatient rooms using Borland Delphi 7.0 programming language and MySQL as the database.

Keywords : Information Systems, Room Availability, Patient Registration.

ABSTRAKSI

Rumah sakit merupakan salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Informasi ketersediaan kamar rawat inap yang akurat sangat dibutuhkan di dalam rumah sakit, karena untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan dalam proses pengalokasian pasien yang akan di rawat inap. Pada RSUD Kajen saat ini pendaftaran pasien rawat inap prosesnya masih semi manual,yaitu mengisi data – data pasien pada blangko, mengisi kartu berobat pasien, mencatat data pasien ke buku register pasien, lalu mengentri kembali data tersebut ke dalam Microsoft Acces untuk disimpan. Hal tersebut memakan waktu yang lama pada saat pelayanan. Selain itu untuk menentukan dan memilih kamar yang masih kosong pada ruangan rawat inap, petugas harus telepon terlebih dulu ke bagian ruangan, dan data informasi ketersediaan kamar dibuat sendiri oleh petugas pendaftaran rawat inap dalam bentuk buku catatan dan baru di update jika pergantian shift. Hal tersebut menyebabkan seringnya terjadi kesalahan pendataan informasi ketersediaan kamar. Sehingga penulis membuat sistem informasi ketersediaan kamar rawat inap dengan menggunakan bahasa pemrogaman Borland Delphi 7.0 dan Mysql sebagai databasenya.

Kata kunci : Sistem Informasi, Ketersediaan Kamar, Pendaftaran Pasien.

Downloads

Published

2016-11-01