PENGARUH PENGUASAAN KURIKULUM TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MTS MUHAMMADIYAH KAJEN

Authors

  • Mochamad Nasir Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Alfa Yuliana Dewi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Niar Ajeng Rachmayani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v12i2.1369

Keywords:

Kurikulum, Pembelajaran Multimedia, SEMPLS

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan baik secara hardware maupun software yang semakin murah dan bervariatif menjadi satu peluang dalam meningkatkan proses belajar mengajar baik secara kuantitas maupun kualitas. Pemanfaatan TIK terutama di era merdeka belajar termasuk di dalamnya adalah menjadi solusi terhadap hambatan dan kendala dalam proses belajar mengajar, mulai dari tingkat dasar, menengah hingga atas terutama di era pandemi covid-19 saat ini menjadi satu kebutuhan yang tidak bisa terelakkan.

Penelitian dengan jenis ex-post facto atau penelitian non eksperimental yang melakukan penyelidikan secara empiris dan sistematik, dimana variabel-variabel bebas tidak mampu dikendalikan oleh peneliti secara langsung dan sulit dimanupulasi fenomenanya ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat penguasan kurikulum, penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta penguasaan aplikasi perkantoran dan smartphone terhadap pengembangan pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan Pekalongan dengan sampel jenuh atau keseluruhan guru yang ada menjadi objek peneloitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan google form. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan struktur dengan menggunakan SEM.

Dengan menggunakan PLS-SEM hasil analisis menyatakan bahwa variabel konstruk X1 (penguasaan kurikulum), X2 (penguasaan TIK), dan X3 (penguasaan aplikasi perkantoran dan smartphone) memiliki pengaruh terhadap Y (pengembangan pembelajaran berbasis multimedia interaktif) sebesar 69,2%. Adapun dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penguasaan terhadap aplikasi perkantoran dan smartphone (X3) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pengembangan pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Sedangkan penguasaan kurikulum dan penguasaan TIK tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan pembelajaran berbasis multimedia interaktif.

Downloads

Published

2022-11-01