Perbandingan Daya Dan Torsi Sepeda Motor Yamaha Byson 150cc Dengan Knalpot Standar Dan Knalpot Free Flow

Authors

  • Yoga Prayogi Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
  • Imam Prasetyo Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
  • Febi Valentino Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/suryateknika.v7i1.1622

Keywords:

Fennel leaves, Decrease in glucose, Knalpot, Torsi, Daya

Abstract

Abstract

The combustion of fuel inside the combustion chamber takes place as an explosion. This process occurs very quickly and makes a very loud or noisy sound. The function of the muffler is as a silencer and regulates the flow direction of combustion gases to flow regularly. The construction of the free flow exhaust is an exhaust without barriers with relatively wasteful fuel consumption, both working on engines with high revs. Previous researchers replaced the exhaust with a size of tenths of a centimeter of a meter, while in this final project used a fifth of a centimeter. The goal to be achieved by the author in writing this final project is to find out the use of free flow exhaust on power and torque on Yamaha Byson 150cc motorcycles. This final project is carried out by the method of taking test data from the dynotest, using the dynotester tool. The test results are the influence of free flow exhaust measuring 25 cm, 30 cm and standard exhaust, resulting in the most optimal increase in power and torque on a 30 cm free flow exhaust with maximum power data of 13.1 HP at 6750 RPM, and maximum torque reaching 15.35 Nm at 4500 RPM, this is due to the influence of silencer length and without any obstacles, namely the catalic converter which makes the vehicle's breath longer so that it can get peak power at engine speed higher ones.

Keywords: α-amylase enzyme; Fennel leaves; Decrease in glucose

Abstrak

A Pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar berlangsung sebagai ledakan. Proses ini terjadi sangat cepat dan menimbulkan suara yang sangat keras atau bising. Fungsi dari knalpot (muffler) adalah sebagai peredam suara dan mengatur arah aliran gas-gas hasil pembakaran agar mengalir dengan teratur. Konstruksi dari knalpot free flow yaitu knalpot tanpa sekat hambatan dengan konsumsi bahan bakar yang relatif boros, baik bekerja pada mesin dengan putaran tinggi. Peneliti terdahulu mengganti knalpot dengan ukuran persepuluh senti meter, sedangkan dalam tugas akhir ini menggunakan perlima sentimeter. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis pada penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui penggunaan knalpot free flow terhadap daya dan torsi  pada sepeda motor Yamaha Byson 150cc. Tugas akhir ini dilakukan dengan metode pengambilan data uji dari dynotest, menggunakan alat dynotester. Hasil pengujian yaitu pengaruh knalpot free flow ukuran 25 cm, 30 cm dan knalpot standar, menghasilkan peningkatan daya dan torsi paling optimal pada knalpot free flow ukuran 30 cm dengan data daya maksimum sebesar 13,1 HP pada 6750 RPM, dan torsi maksimum mencapai 15,35 Nm pada 4500 RPM, hal ini karena pengaruh panjang silencer dan tanpa adanya hambatan yaitu catalic converter yang membuat nafas kendaraan lebih panjang sehingga mampu mendapatkan puncak daya pada putaran mesin yang lebih tinggi..

Kata kunci: Kata kunci: Knalpot; Torsi; Daya.

 

Downloads

Published

2023-10-19