Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ruang Rawat Inap Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.48144/jiks.v10i2.96Abstract
Abstrak.
Latar belakang : Mutu pelayanan keperawatan merupakan indikator kualitas pelayanan kesehatan karena menjadi salah satu penentu citra institusi pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul dari layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan studi pendahuluan pasien menyatakan perawat kurang tanggap dengan keluhan pasien, pelayanan kepada pasien perawat kurang ramah dan sopan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Tk. IV 04.07.03 dr. ASMIR Kota Salatiga. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 55 responden yang merupakan pasien rawat inap kelas III dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji Rank Spearman. Hasil : Hasil analisa yang menyatakan mutu pelayanan keperawatan baik 24 responden (43,6%). Responden yang menyatakan puas sebanyak 31 (56,4%). Didapat r sebesar 0,705 dan p-value 0,000 (α=0,05) berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan : Ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Tk. IV 04.07.03 dr. Asmir Kota Salatiga dengan p value 0,000.
Kata Kunci : mutu pelayanan keperawatan, kepuasan pasien