Pengaruh Hasil Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Lecturing terhadap Hasil Belajar kognitif Asuhan Pelayanan Keluarga Berencana pada Mahasiswa DIII Kebidanan
DOI:
https://doi.org/10.48144/jiks.v9i1.68Abstract
Abstrak. Model pembelajaran merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif. Evaluasi akademik Prodi D III Kebidanan STIKes Bhakti Kencana Bandung menunjukkan bahwa terdapat penurunan hasil belajar kognitif pada beberapa mata kuliah asuhan kebidanan, salah satunya pada asuhan pelayanan keluarga berencana. Salah satu cara untuk memperbaiki hasil belajar kognitif tersebut yaitu dengan perbaikan kurikulum melalui model pembelajaran yang sesuai dan relevan. Jenis Penelitian Quasi Eksperimen. Subjek pada penelitian berjumlah 100 mahasiswa yang berasal dari dua kelas yang berbeda, terdiri dari 50 orang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning dan 50 orang dengan model lecturing. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji chi squere. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada hasil belajar kognitif dengan model belajar yang berbeda, model pembelajaran problem based learning memiliki kontribusi lebih besar dalam pencapaian hasil belajar kognitif. Hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning pada asuhan keluarga berencana lebih baik dibandingkan dengan lecturing.
Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, Lecturing, Model Pembelajaran, Tutorial Problem Based Learning