Peran Dan Intensitas Cyberbullying Pada Siswa SMP

Authors

  • Yuniarti Dwi Astuti Universitas Diponegoro
  • Nur Setiawati Dewi Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.48144/jiks.v14i2.570

Keywords:

cyberbullying, adolescents

Abstract

Abstrak

Penggunaan internet oleh remaja di Indonesia cukup tinggi, hal ini menimbulkan sejumlah konsekuensi negatif, salah satunya cyberbullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peran dan intensitas perilaku cyberbullying pada siswa SMP di Kabupaten Batang. Penelitian ini adalah sebuah studi deskriptif survei. Total sampel dari penelitian ini adalah 411 responden yang merupakan siswa-siswi SMP Negeri di Kabupaten Batang. Data diambil menggunakan kuesioner Cyberbullying and Online Aggression Survey Instrument berbentuk google form dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden (51,6%) pernah berperan dan terlibat dalam cyberbullying. Kebanyakan responden berperan sebagai korban (24,8%) dan kebanyakan intensitas keterlibatannya rendah (43,8%). Orang tua diharapkan mengawasi penggunaan media sosial oleh anaknya karena media sosial rawan disalahgunakan remaja untuk melakukan cyberbullying.

Kata Kunci : Cyberbullying, Remaja

References

Downloads

Published

2021-10-29