Tingkat Kejadian Preeklampsia Ditinjau Dari Jenis Pekerjaan di RSUD dr. R. Soedjono Selong

Authors

  • DINA ALFIANA IKHWANI STIKES HAMZAR

DOI:

https://doi.org/10.48144/jiks.v14i2.566

Keywords:

kejadian preeklampsia

Abstract

Preeklampsia merupakan masalah kesehtatan yang sering muncul pada saat kehamilan dengan gejala klinis seperti adanya hipertensi, proteinuria, serta edema yang terjadi pada saat umur kehamilan 20 minggu-48 jam setelah persalinan. Adapun setiap negara memiliki angka kejadian preeklampsia yang berbeda-beda, dengan insidensi insidensi preeklampsia antara 3%-10%. Salah satu faktor resiko yang paling dominan penyebab preeklampsia adalah pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kejadian preeklampsia ditinjau dari jenis pekerjaan di RSUD Dr. R. Soedjono Selong. Metode Penelitian ini adalah jenis penelitian analitik observasional dengan desain study cross sectional. Adapun Besar sampel nya adalah 86 orang ibu hamil, tekhnik sampeling menggunakan Purposive sampling. Instrument pengumpulan datany adalah ceklist. Uji statistik dengan menggunakan uji spearman rank.  Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai p value 0,000 artinya Ada Hubungan Kejadian Preeklampsia dengan Jenis Pekerjaan di  RSUD. Dr. R. Soedjono Selong Tahun 2019. Diharapkan RSUD Dr. R. Soedjono Selong dapat meningkatkan pelayanan keperawatan yang prima dalam memberikan asuhan keperawatan sehingga komplikasi kejadian preeklampsia dapat ditangani dengan baik.

Kata kunci: Jenis Pekerjaan; Preeklampsia; Kehamilan

References

D. G. A. Nursal, P. Tamela, and Fitrayeni, “Faktor risiko kejadian preeklampsia pada ibu hamil di rsup dr. m. djamil padang tahun 2014,” J. Kesehat. Masy. Andalas, Oktober 2015, [Online]. Available: http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/

N. Lusiana, “Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia pada Ibu Bersalin di Ruangan Camar II RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2014,” J. Kesehat. Komunitas, vol. 3, no. 1, p. 5, 2015.

G. E. Lombo, F. W. Wagey, and L. S. Mamengko, “Karakteristik ibu hamil dengan preeklampsia di rsup prof dr. r. d. kandou manado,” vol. 1, no. 3, p. 7, 2017.

nina rahmawati, “Hubungan Riwayat Penyakit dengan Kejadian Preeklampsia pada Ibu Hamil di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta,” Indones. J. Nurs. Pract., 2016, [Online]. Available: https://journal.umy.ac.id/index.php/ijnp/index

T. H. Situmorang, Y. Damantalm, and A. Januarista, “Faktor - faktor yang berhubungan dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil di poli kia rsu anutapura palu,” vol. 2, no. 1, p. 11, 2016.

D. Oleh and I. Pratiwi, “Hubungan paritas dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil di rsud wonosari,” p. 12.

K. K. RI, “Situasi Keluarga Berencana di Indonesia,” Jakarta, Jun. 29, 2013.

D. Oleh, “Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian preekl ampsia/eklampsia di rsud panembahan senopati bantul,” p. 15.

G. E. Lombo, F. W. Wagey, and L. S. Mamengko, “Karakteristik ibu hamil dengan preeklampsia di rsup prof dr. r. d. kandou manado,” vol. 1, no. 3, p. 7, 2017.

P. Anoraga, Psikologi kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1992.

S. N. Djannah and I. S. Arianti, “Gambaran epidemiologi kejadian preeklampsia/eklampsia di rsu pku muhammadiyah yogyakarta tahun 2007–2009,” Bul. Penelit. Sist. Kesehat., vol. 13, no. 4, p. 8.

A. Setyawati and R. Widiasih, “Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian preeklampsia di indonesia,” vol. 2, no. 1, p. 9, 2018.

P. Ramadhan, hidayat wijayanegara, and ariefbudi Yulianti, “Hubungan Antara Karakteristik Ibu Hamil Dengan Kejadian Preeklampsia di RSKD Al-Ihsan Kabupaten Bandung,” J. Unisba.

U. Shamsi, S. Saleem, and N. Nishter, “Epidemiology and risk factors of preeclampsia; an overview of observational studies,” vol. 6, p. 10, 2013.

Downloads

Published

2021-10-29