Motivasi Meraih Prestasi Pada Remaja Putri Di PAY Putri Aisyiah Pekajangan Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.48144/jiks.v8i2.49Abstract
Abstrak. Remaja adalah individu berusia antara 12-21 tahun yang sedang mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa remaja, dengan pembagian usia 12-15 tahun adalah masa remaja awal, usia 15-18 tahun adalah masa remaja tengah atau madya, dan usia 18-21 tahun adalah masa remaja akhir. Remaja yang memiliki motivasi berprestasi tinggi merasa bertanggung jawab atas tugas yang dikerjakannya dan tidak akan meninggalkan tugas itu sebelum berhasil menyelesaikannya, memilih tugas dengan taraf kesulitan sedang dan berani mengambil resiko bila mengalami kegagalan, cenderung kreatif dan tidak menyukai pekerjaan rutin, menyukai umpan balik karena memperhatikan kesalahan-kesalahan yang dilakukannya dan akan berusaha menyelesaikan setiap tugas dalam waktu secepat mungkin dan seefisien mungkin. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran motivasi untuk meraih prestasi remaja putri di PAY Aisiyah Pekajangan. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2014. Penelitian ini bersifat survey deskriptif, dengan sampel 29 responden. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah univariat. Analisa ini pada umumnya hanya menghasilkan distribusi frekuensi dan presentase dari tiap variable. Hasil penelitian menunjukan rata-rata tingkat motivasi berprestasi siswi PAY berada dalam kategori baik (84%), artinya rata-rata remaja putri di PAY Aisiyah Pekajangan memiliki motivasi yang tinggi untuk bersaing dalam prestasi dan memiliki ciri-ciri individu yang memiliki motivasi berprestasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan rata-rata tingkat motivasi berprestasi siswi PAY berada dalam kategori baik sebesar 84%. Disarankan pengasuh penghuni panti asuhan memberikan bimbingan dan perhatian sehingga potensi penghuni panti asuhan dapat berkembang maksimal.
Kata kunci : motivasi, prestasi, remaja putri
Motivation Reaching Achievement In Young Women On Women PAY Aisyiah Pekajangan Pekalongan
Abstract. Teenagers are individuals aged between 12-21 years who are experiencing the transition from childhood to adolescence, with the 12-15 year age division is early adolescence, age 15-18 years is the middle or middle adolescence and age 18 -21 years is late adolescence. Teens who have high achievement motivation felt responsible for tasks that do and will not leave the task before successfully completing, select the task with the level of difficulty moderate and willing to take risks if failure, tend to be creative and do not like routine work, like feedback because attention mistakes he does and will try to complete each task in the shortest possible time and as efficiently as possible. This study aims to reveal the motivation for achievement in young women PAY Aisiyah Pekajangan. This study is a descriptive survey, with a sample of 29 respondents. Analysis of the data used in this study is univariate. This analysis is generally only produces the frequency distribution and percentage of each variable. The results showed an average level of student achievement motivation PAY are in both categories (84%), meaning that the average adolescent girls in Aisiyah PAY Pekajangan have a high motivation to compete in achievement and has the characteristics of individuals who have achievement motivation. Conclusion The study shows the average level of student achievement motivation PAY are in both categories by 84%. Suggested orphanage caregivers provide guidance and attention so that the potential occupants of the orphanage can develop optimally.
Keywords: motivation, achievement, adolescent girls