Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.48144/jiks.v5i2.36Abstract
Abstrak. Pelayanan keperawatan merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi kepuasan pasien bagi pengguna fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. nilai terendah 47 dan untuk nilai tertinggi adalah 86. Hasil uji normalitas data dengan uji Kolmogorov Sminorv menghasilkan nilai p (p value) sebesar 0,000 (p value < 0,05) ini berarti distribusi data tidak normal sehingga cut off point yang digunakan untuk membagi kategori variabel kepuasan pasien adalah median sebesar 62 yaitu kurang puas apabila < median dan puas apabila ≥ median. Hasil penelitian menuntukkan bahwa hampir separuh sebanyak 34 pasien (45,9%) merasakan kurang puas dengan pelayanan keperawatan di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan dan lebih dari separuh sebanyak 40 pasien (54,1%) merasakan puas dengan pelayanan keperawatan di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.
Kata kunci : Kepuasan pasien, pelayanan keperawatan
Inpatient Satisfaction Against Nursing Services
Abstract. Nursing services is one aspect that affects patient satisfaction for users of health care facilities in hospitals. This study aims to describe the level of patient satisfaction for nursing care in hospitals Kraton Pekalongan. 47 and the lowest value to the highest value is 86. The test results data normality by Kolmogorov Sminorv produce p-value (p value) of 0.000 (p value <0.05) This means that the data distribution is not normal so that the cut-off point used to divide the category variable is the median patient satisfaction was 62 at less satisfied if <median and satisfied if ≥ median. Menuntukkan research results that almost half as many as 34 patients (45.9%) feel less satisfied with nursing care in hospitals Kraton Pekalongan and more than half as many as 40 patients (54.1%) felt satisfied with nursing care in hospitals Kraton Pekalongan.
Keywords: patient satisfaction, nursing services