Peningkatan Fungsi Kognitif Klien dengan Isolasi Sosial yang Mendapatkan Latihan Keterampilan Sosial: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.48144/jiks.v12i2.171Abstract
Abstrak
Latihan Keterampilan Sosial (LKS) merupakan salah satu intervensi yang ditujukan untuk meningkatkan komunikasi dan memberikan keterampilan baru pada klien skizofrenia dengan masalah isolasi sosial. LKS secara khusus dilakukan terhadap Klien dengan isolasi sosial yang mengalami penurunan jumlah, frekuensi, dan kualitas kontak sosial; daya tahan kontak dan negativisme yang dikaitkan dengan perasaan terisolasi individu. LKS diberikan melalui beberapa sesi. Setiap sesi meliputi beberapa bagian yaitumodelling, role playing, performance feedback dan transfer training. Tahapan dalam LKS tersebut tidak hanya berfokus pada keterampilan sosial, akan tetapi juga fungsi kognitif. LKS dapat dilakukan pada semua klien baik sehat maupun gangguan dan untuk anak-anak maupun dewasa. Metode: Literature review dilakukan berdasarkan issue, metodologi, persamaan dan proposal penelitian lanjutan. Terdapat 5 penelitian yang bersifat kuantitatif dan 1 buletin. LimaPenelitian dilakukan padasatu orang klien sehat dan 4 orang klien sakit seperti pada autism, risiko tinggi, dan gangguan kognitif.Dari hasil penelitian dan bulletin didapatkan bahwa LKS dapat dilakukan selain pada skizofrenia juga pada klien yang sehat dan autism.
Kata kunci: Latihan Keterampilan Sosial, Fungsi Kognitif, Skizofrenia
Enhancing the Cognitive Function of Clients with Social Isolation Getting Social Skills Training: Literature Review
Abstract
Social Skills Training (SST) is one of the interventions aimed at improving communication and providing new skills to schizophrenic clients with social isolation problems. SST is specifically carried out on clients with social isolation experiencing a decrease number, frequency and quality of social contacts; endurance of contact and negativism are associated with feelings of isolated.SST is performedthrough several sessions. Each session consisted of several sections such as modeling, role playing, performance feedback and transfer training. The stages in the SST not only focus on social skills, but also cognitive functions. SST can be applied tohealthy and disturbed clients, children as well as adults. Method: Literature review is based on issues, methodologies, equations and advanced research proposals. There are 5 quantitative studies and 1 bulletin. Out of Five studies conducted, one study on healthy clients and 4 disturbed clients.such as autism, high risk, and cognitive impairment.
Keywords: Social Skills Training, Cognitive Functions, Schizophrenia