Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Skrining Case Manager RSUP Persahabatan Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.48144/jiks.v12i2.168Abstract
Abstrak
Pendampingan pelayanan oleh case manager diawali dengan skrining pasien, namun metode skrining dan pelaporan hasil skrining secara manual cendrung kurang efektif dan kurang efisien. Inovasi ini bertujauan untuk mengembangkan sistem skrining yang lebih efektif dan efisien melalui yaitu skrining berbasis sistem informasi manajemen. Metode yang digunakan adalah prototyping model. Hasil inovasi ini adalah sebuah prototipe sistem informasi manajemen skrining case manager berbasis web dan android. Aplikasi ini digunakan oleh perawat yang melakukan skrining dan case manager yang melakukan verifikasi hasil skrining. Dengan sistem update yang real time, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi skrining dan pelaporan hasil skrining case manager di rumah sakit. Rumah sakit diharapkan dapat menerapkan sistem ini untuk menigkatkan efektifitas dan efisiensi layanan khususnya case manager.
Kata kunci: case manager, prototyping model, sistem informasi manajemen
Development of Case Manager Screening Management Information System at RSUP Persahabatan Jakarta
Abstract
Service assistance by the case manager begins with screening patients, but the method of screening and reporting the results of manual screening tends to be less effective and less efficient. This innovation aims to develop a more effective and efficient screening system through management information system-based screening. The method used is the prototyping model. This result is a prototype of a web-based and android case manager screening management information system. This application is used by nurses who conduct screening and case managers who verify the results of screening. With real time system updates, this application is very useful for improving the effectiveness and efficiency of screening and reporting the results of case manager screening at the hospital. Hospitals are expected to implement this system to improve the effectiveness and efficiency of special case manager services.
Keywords : case manager, prototyping model, management information system