Perbedaan Tingkat Kecemasan Menghadapi Menstruasi pada Siswi Yang Diberikan Penyuluhan Metode Ceramah dengan Diskusi Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.48144/jiks.v12i1.128Abstract
Abstrak
Kejadian kecemasan menghadapi menstruasi sebesar 57%. Remaja butuh informasi karena pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi masih rendah. Salah satu strategi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kesehatan melalui penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi kelompok. Tujuan penelitian mengetahui perbedaan penyuluhan menstruasi dengan metode ceramah dan diskusi kelompok terhadap tingkat kecemasan menghadapi menstruasi pada siswi. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Designs dengan desain eksperimental yang digunakan adalah Randomized Control Group Pre-test Pos-test. Populasi penelitian ini adalah siswi SMP N I Tambak Kabupaten Banyumas Tahun 2018 yang berjumlah 242 orang. Jumlah sample kelompok ceramah adalah 15 orang, kelompok diskusi kelompok adalah 15 orang dan kelompok kontrol adalah 15 orang yang di ambil secara acak. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner kecemasan HRSA (Hamilton Rating Scale of Anxiety). Analisa data menggunakan Kruskal Wallis. Uji statistik dengan Kruskal Wallis menunjukan nilai p value > 0.05 yaitu tidak ada perbedaan penyuluhan menstruasi dengan metode ceramah dan diskusi kelompok terhadap tingkat kecemasan menghadapi menstruasi tetapi ada penurunan tingkat kecemasan. Tidak ada perbedaan penyuluhan menstruasi dengan metode ceramah dan diskusi kelompok terhadap tingkat kecemasan menghadapi menstruasi pada siswa tetapi ada penurunan tingkat kecemasan.
Kata kunci : Kecemasan, Menstruasi, ceramah, diskusi kelompok
Differences in the Level of Anxiety Facing Menstruation in the Physics Given in Extension Methods of Lecturing with Group Discussion
Abstract
Background: The incidence of menstrual anxiety is 57%. Teenagers need information because teenagers' knowledge about reproductive health is still low. One of the Health Information and Education Communication strategies through counseling. Objective: To find the differences in menstrual counseling with lecture methods and group discussions on anxiety levels facing menstruation in female. Research Methods: The type of research used was True Experimental The design used is the Randomized Control Group Pre-test Post-test. The population of this study was the student of Tambak District N I Middle School in 2018 which amounted to 242 people. The sample size of the lecture group was 15 people, the group discussion group was 15 people and the control group was 15 people who were randomly. Data collection using the Hamilton Rating Scale of Anxiety questionnaire. Data analysis using Kruskal Wallis. Results: Statistical tests with Kruskal Wallis showed p value> 0.05, there was no difference in menstrual counseling and group discussion on anxiety levels facing menstruation but there was a decrease in anxiety levels. Conclusion: There was no difference in menstrual counseling with lecture method and group discussion on anxiety levels facing menstruation in students but there is a decrease in anxiety level.
Keyword : Anxiety, Menstruation, lectures, group discussions