Hubungan Dukungan Orang Tua Dalam Pemeliharaan Kesehatan Anak Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Anak SD Di Wilayah Kecamatan Sindang Kabupaten Tahun 2018

Authors

  • K Kamsari Program Studi Profesi Ners STIKes Indramayu
  • R Riyanto Program Studi Profesi Ners STIKes Indramayu
  • N Nurchalimah Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan

DOI:

https://doi.org/10.48144/jiks.v12i1.126

Abstract

Abstrak

Dukungan orang tua sangat penting untuk kehidupan anak, dapat berupa informasi atau nasehat yang dapat berbentuk verbal atau non verbal yang menyebabkan efek tindakan atau emosional atau efek perilaku pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dalam pemeliharaan kesehatan anak di rumah dengan prestasi belajar anak di SD wilayah kecamatan Sindang kabupaten Indramayu Tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini berjumlah 80 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah dukungan orang tua dalam pemeliharaan kesehatan (independent) dan prestasi belajar (dependent). Adapun instrument untuk mengukur dukungan orang tua menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan chi-square. Hasil penelitian orang tua mendukung sebanyak 57,5% dan kategori tidak mendukung sebanyak 42,5%. Prestasi belajar yang diperoleh sebanyak 68,8% dalam kategori baik. Hasil analisa lanjut nilai p-value 0,138 (α =0,05) artinya, tidak ada hubungan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar. Simpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan antara dukungan orang tua dalam pemeliharaan kesehatan anak di rumah dengan prestasi belajar anak. Saran ditujukan pada peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang dukungan orang tua terhadap pemeliharaan kesehatan di rumah dari metode yang lain.

Kata kunci      : Dukungan, Keluarga, Prestasi, Belajar, Anak

 

Abstract

Parental support is very important for a child's life, it can be information or advice that can take the form of verbal or non verbal causes of action or emotional effects or behavioral effects on children. The purpose of this study was to determine the relationship between parental support in child health care at home with learning achievement of children in elementary schools in the district of Sindang, Indramayu district in 2018. This research method uses analytical survey with cross sectional approach. This study amounted to 80 respondents taken by purposive sampling technique. This research variable is the support of parents in health care (independent) and learning achievement (dependent). The instrument for measuring parental support uses a questionnaire. Data analysis techniques use chi-square. The results of the parents' research support as much as 57.5% and the non-support category is 42.5%. Learning achievement obtained as much as 68.8% in good category. Further analysis results of p-value 0.138 (α = 0.05) means that there is no relationship between parental support and learning achievement. The conclusions of this study there is no relationship between parental support in maintaining children's health at home with children's learning achievement. Suggestions are aimed at the next researcher to examine the support of parents for health care at home which is not only with quantitative research but also qualitative research.

Keywords: Support, Family, Achievement, Learning, Children

Downloads

Published

2021-08-30