E, Efektifitas EFEKTIFITAS TERAPI RENDAM KAKI DENGAN REMPAH TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU BEKERJA

Authors

  • Sri Mulyati Rahayu Universitas Bhakti Kencana
  • Vina Vitniawati Prodi DIII Keperawatan, Universitas Bhakti Kencana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.48144/jiks.v15i2.1150

Keywords:

Ibu bekerja; Kualitas tidur; Rempah; Rendam kaki

Abstract

Stres banyak terjadi pada ibu bekerja, karena tuntutan menyelesaikan pekerjaan di rumah juga pekerjaan.kantor. Dampak negatif stres kerja berupa gangguan kualitas tidur yang  mengakibatkan penurunan produktivitas kerja. Kualitas tidur yang buruk mengakibatkan gangguan keseimbangan fisiologi dan psikologis, sedangkan kualitas tidur yang baik menimbulkan perasan senang, energik, tubuh lebih bugar, dan meningkatkan imunitas. Upaya untuk memperbaiki kualitas tidur diberikan rendam kaki dengan rempah, karena selain dapat merilekkan otot-otot kaki setelah seharian bekerja, juga wangi rempah-rempah merangsang kerja syaraf melalui nervus olfactorius untuk menekan kerja retikulo activiting system. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas terapi rendam kaki dengan rempah terhadap kualitas tidur ibu yang bekerja. Metode yang dilakukan dengan pre-experiment dengan one group pre-post test desain. Responden berjumlah 30 orang ibu bekerja dengan teknik purposive sampling. Instrumen kualitas tidur yang digunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) versi bahasa Indonesia. Analisis bivariat dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian pemberian terapi rendam kaki dengan rempah efektif dalam meningkatkan kualitas tidur ibu bekerja dengan nilai p-value 0,002 < α (0.05). Untuk itu perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat yang lebih luas yang memiliki masalah kualitas tidur, seperti edukasi melalui media poster tentang pemberian terapi rendam kaki dengan rempah yang memiliki manfaat dalam meningkatkan kualitas tidur.

References

A. Surianta, “Bekerja Sama Melawan Pandemi Meningkatkan Kapasitas Vasinasi Covid-19 di Indonesia,” Indonesia, 2021.

M. Fauzia, “PPKM Diperpanjang, Ini Aturan WFH dan WFO,” Indonesia, 2021.

B. P. Statistik, “Perempuan Indonesia Paling Banyak Bekerja Sebagai Tenaga Usaha Penjualan,” Indonesia, 2021.

Rizky Julian, “Julian Rizky, Meilanny Budiarti Santoso,” Proceding Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 5, pp. 158–164, 2018.

A. P. Pirous Apreviadizy, “Perbedaan Stres Ditinjau dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja,” J. Psikol. Tabularasa, vol. 9, pp. 58–65, 2014.

F. S. Yanne Aldi, “Pengaruh Stress Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Frisian Flag Indonesia wilayah Padang,” 2019.

Y. R. Eva Susanti, Farida Halis Dyah Kusuma, “Hubungan Tingkat Stres Kerja Dengan Kualitas Tidur Pada Perawat Di Puskesmas Dau Malang,” Nurs. News J. Ilm. Keperawatan, vol. 2, no. 164–173, 2017.

Z. M. Ali, “Dampak covid-19 di Berbagai Sektor,” Media Sains Indonesia, Indonesia, 2021.

M. A. P. Kiki Natassia, “Larutan Aromaterapi Lavender Untuk Insomnia,” Shine Cahaya Dunia S1 keperawatan, vol. 4, pp. 1–8, 2019.

E. R. Yuslianti, Pengantar Radikal Bebas dan Antioksidan, 1st ed. Indonesia: CV Budi Utama, 2018.

A. N. Sari, “BERBAGAI TANAMAN REMPAH SEBAGAI SUMBER ANTIOKSIDAN ALAMI,” J. Islam. Sci. Technol., vol. 2, 2016.

D. A. Wibowo, “Pengaruh Rendam kaki Air hangat Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Handap Herang,” J. Keperawatan Galuh, vol. 2, 2019.

T. Jepisa and H. Suci, “Efektifitas Aroma Terapi Lavender Terhadap Kualitas Tidur Lansia yang Tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha Sumatera Barat,” J. ilmu Kesehat., vol. 6, pp. 104–108, 2022.

F. Rahman, “Negeri Rempah-rempah” dari Masa Bersemi Hingga Gugurnya Kejayaan Rempah-rempah,” Patanjala, vol. 11, pp. 347–362, 2019.

S. Hidatyat, Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: Agrifio, 2015.

Downloads

Published

2022-10-03