PENGARUH EDUKASI SYNCOPE DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP TINGKAT KESIAPAN PENANGANAN PERTAMA SYNCOPE PADA SISWA JURUSAN ASISTEN KEPERAWATAN

Authors

  • Tasya Hanarul Jesyifa Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Noor Fitriyani Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.48144/jiks.v15i2.1149

Keywords:

Jigsaw; kesiapan; syncope

Abstract

Syncope adalah hilangnya kesadaran dan kekuatan postural tubuh secara mendadak akibat berkurangnya aliran darah ke otak yang dapat terjadi pemulihan secara spontan. Ketidaktepatan penanganan pertama syncope berdampak cedera atau bahkan kematian. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kesiapan. Edukasi metode jigsaw merupakan salah satu upaya untuk memberikan informasi melalui diskusi dan kolaborasi dengan teman yang berlatar belakang berbeda. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh edukasi syncope dengan metode jigsaw terhadap tingkat kesiapan penanganan pertama syncope pada siswa jurusan asisten keperawatan. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre and post test without control. Pengambilan sampel menggunakan  total sampling sejumlah 44 siswa namun sampai akhir penelitian jumlah sampel adalah 39 responden dikarenakan 5 responden masuk ke kriteria drop out. Kesiapan penanganan pertama syncope sebelum diberikan intervensi mayoritas dalam kategori tidak siap dengan 26 responden (66,7%) dan sisanya dalam ketegori siap dengan 13 responden (33,3%). Setelah diberikan intervensi, kesiapan penanganan pertama syncope dalam kategori siap dengan 39 responden (100%). Uji analisa menggunakan wilcoxon test. Hasil analisis uji wilcoxon test menunjukan p = 0,000 (p < 0,05) yang artinya ada pengaruh edukasi syncope dengan metode jigsaw terhadap tingkat kesiapan penanganan pertama syncope pada siswa jurusan asisten keperawatan.

References

P. Nugroho, C. D. Y. Nekada, and T. Amestiasih, “Hubungan Tingkat Pengetahuan terhadap Penanganan Pertama Siswa Syncope Di Sman 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta,” J. Keperawatan Respati Yogyakarta, vol. 4, no. November 2016, pp. 124–127, 2017.

S. H. Shim et al., “Baseline heart rate variability in children and adolescents with vasovagal syncope,” Korean J. Pediatr., vol. 57, no. 4, pp. 193–198, 2014, doi: 10.3345/kjp.2014.57.4.193.

S. V Khadilkar, R. S. Yadav, and K. A. Jagiasi, “Are syncopes in sitting and supine positions different? Body positions and syncope: a study of 111 patients,” Neurol. India, vol. 61, no. 3, p. 239, 2013.

WHO, “Kardiovascular Disease (CVDs),” World Health Organiszation, 2017. https://www.who.int/mediacentre/facsheets/fS317/en/.

F. E. Sitorus and R. Girsang, “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Syncope,” vol. 2, no. 2, pp. 147–152, 2020.

S. Saedi, S. Oraii, and F. Hajsheikholeslami, “A cross sectional study on prevalence and etiology of syncope in Tehran,” Acta Med. Iran., vol. 51, no. 10, pp. 715–719, 2013.

S. F. Malamed, Medical Emergencies in the Dental Office-E-Book, 7th ed. Elsevier Health Sciences, 2015.

R. Kundre and N. Mulyadi, “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado,” J. Keperawatan, vol. 6, no. 2, 2018.

Martunus, “Peran Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Kesehatan Anak SD Negeri Simpang TIga Kecamatan Loa Janan Ilir,” Ilmu Sosiatri Univ. Mulawarman, vol. 2, no. 026, pp. 51–63, 2013.

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, 8th ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

I. A. Kurnia, I. Roifah, and C. P. L. Dewi, “Pengaruh Metode Simulasi Dan Audiovisual Penanganan Penderita Sinkop Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Dalam Penanganan Penderita Sinkop Di Smpn 1 Bangsal Mojokerto,” 2018.

A. F. Helmi, R. D. P. Utami, and M. S. Irdianty, “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pencegahan Kanker Payudara Dengan Metode Jigsaw Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Di Karang Taruna Swakrida Mahardhika Desa Jatitengah,” vol. 46, pp. 1–9, 2020.

B. D. Mardiyati, “Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau Dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK),” J. Fak. Psikol., vol. 3, no. 1, pp. 274–282, 2015.

K. A. S. Darma, K. Agustini, and G. A. Pradnyana, “Pengaruh pembelajaran mind mapping bermediakan rumah belajar jejak bali terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran anatomi fisiologi di SMK Negeri 1 Kubutambahan (SMK Kesehatan),” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 261–272, 2019.

A. Tarapanjang, “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Comic Terhadap Kesiapan Siswa Pada Pertolongan Pertama Syncope Di SMP Negeri 18 Surakarta,” STIKes Kusuma Husada Surakarta, 2018.

A. A. Baiti and S. Munadi, “Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 4, no. 2, pp. 164–180, 2014, doi: 10.21831/jpv.v4i2.2543.

Z. K. Yusuf and F. Kurnia Mangile, “Pengaruh Penyeluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Menghadapi Bencana Banjir,” Jambura Nurs. J., vol. 1, no. 2, pp. 48–55, 2019, doi: 10.37311/jnj.v1i2.2425.

A. N. Hanifah, “Peran Bidan Dalam Menghadapi Budaya Panggang Dan Tatobi Ibu Nifas Di Kecamata Mollo Tengah Kabupaten Timor Tengah Selatan 2016,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016.

A. B. B. Tarigan, “Gambaran Pengetahuan Ibu Terhadap Pertolongan Pertama pada Bayi Tersedak di Desa Tuntungan Li,” 2019.

B. W. Ayuni, “Pengaruh Pelatihan P3K Terhadap Pengetahuan Ketrampilan Masyarakat Tentang Penatalaksanaan Kegawatan Di Lingkungan Rumah Tangga,” Skripsi. Univ. Muhammadiyah, Jakarta, 2015.

A. N. Fauziah, R. D. P. Utami, and M. W. Kanita, “Pengaruh Pelatihan Dasar Pembidaian Terhadap Keterampilan Pertolongan Pertama Fraktur Tertutup Pada Anggota ARCAPADA Universitas Slamet Riyadi Surakarta,” vol. 4, no. 1, pp. 1–23, 2021.

P. A. W. Suwaryo and P. Yuwono, “Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor,” Urecol 6th, pp. 305–314, 2017.

V. Febrina, R. Semiarty, and A. Abdiana, “Hubungan Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja dengan Tindakan Pertolongan Pertama Penderita Sinkop di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi,” J. Kesehat. Andalas, vol. 6, no. 2, pp. 435–439, 2017.

Yaslina and R. A. Taufik, “Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Perilaku Kesiapan,” Proseding Semin. Kesehat. Perintis, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.

R. L. Anisah and P. Parmilah, “Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Bagi Palang Merah Remaja (PMR) Meningkatkan Kesiapan Menolong Korban Kecelakaan (First Aid Education for Youth Red Cross Improve Readiness to Help Accident Victim),” J. Kesehat., vol. 9, no. 2, p. 112, 2020, doi: 10.46815/jkanwvol8.v9i2.104.

A. H. Basri and Istiroha, “Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesiapan Menolong Korban Kecelakaan Pada Tukang Ojek,” Journals Ners Community, vol. 10, no. November, pp. 185–196, 2019.

D. S. Annas, “Hubungan Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Dengan Kesiapan Menolong Siswa Anggota PMR Di Madrasah Aliyah Negeri Purworejo.” STIKes Muhammadiyah Gombong, 2016.

M. P. Wulandaru, “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Jigsaw Tentang Aktivitas Fisik Ibu Nifas Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Di Desa Pucangan Kecamatan …,” 2019, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/73152.

D. Heriwan and T. Taufina, “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 673–680, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.416.

Hendrisman, “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bukittinggi,” vol. 1, no. 1, pp. 83–93, 2020.

T. Solehati, F. Anggraeni, and W. Mardiah, “Perbedaan Metode Peer Teaching dengan Metode Jigsaw Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi,” J. Aisyah J. Ilmu Kesehat., vol. 3, no. 1, pp. 17–28, 2018, doi: 10.30604/jika.v3i1.80.

R. Pebrianti, P. Studi, P. Agama, F. Tarbiyah, and D. A. N. Tadris, “Perbandingan Hasil Belajar Antara Menggunakan Metode Ceramah Dengan Model Pembelajaran,” pp. 1–118, 2020.

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, 6th ed. Jakarta, 2015.

Downloads

Published

2022-10-03