Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Pernikahan Dini Pada Remaja Di Desa Cisauk Kabupaten Tangerang Provinsi Banten Periode Januari-Mei Tahun 2017

Authors

  • Putri Azzahroh DIV Kebidanan Universitas Nasional
  • Desi Parinata DIV Kebidanan Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.48144/jiks.v11i2.111

Abstract

Abstrak

Data catatan Kantor Urusan Agama Desa Cisauk Kabupaten Tangerang Provinsi Banten pada tahun 2016 jumlah pernikahan sebanyak 511 pasangan,  pasangan yang menikah diusia kurang dari 20 tahun sebanyak 104 pasangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan pernikahan dini pada remaja di Desa Cisauk Kabupaten Tangerang Provinsi Banten Periode Januari-Mei Tahun 2017.Penelitian ini menggunakan metode case control.Penentuan besar sample menggunakan teknik perbandigan sampel kasus dan kontrol yaitu 1:1.Hasil Penelitian sebagian besar reponden  memiliki pengetahuan yang kurang baik sebanyak 77,1%, pendidikan  rendah 62,6% , keluarga yang mendukung untuk melakukan pernikahan dini sebesar 54,3%, status ekonomi rendah 75,7% dan yang berpengaruh daya sumber informasi sebesar 60,0%. Hasil uji chi square menunjukkanP value ≤ 0,05 yang bearti menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan, pendidikan, dukung keluarga, status ekonomi keluarga, dan sumber informasi dengan pernikahan dini pada remaja. Diharapkan para remaja agar senantiasa menambah informasi dan menambah pengetahuan tentang dampak pernikahan dini karena menikah di usia muda akan mempunyai dampak yang buruk terhadap kesehatan  reproduksi seperti kematian ibu dan bayi sehingga dapat mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, mutu pelayanan

 

Factors related with early marriage in young human at Cisauk villageTangerang district Banten Province Periode January – May 2017

Abstract

Abstract. Satisfaction really affects the demand of the patient. Their satisfaction due to hospital’s service might determine if they will use the service again or not. Defining factor of the satisfaction of patient. Due to service quality, reliability, responsiveness, guarantee, attention. The objective of this research is to know the relation and by knowing the forecast of patient satisfaction level based on dimension of service quality. This research uses analytical descriptive design. The samples used in this research are patients who gave birth in midwifery room. 91 people are on the sample. The sampling technique is performed by using population estimation formula . Data used is the one obtained from the questionnaire filled by some respondents. The result of this research shows that patient characteristic doesn’t have research parameter of patient satisfaction, reliability parameter p value 0.002 has a valuable relation, guarantee of p value 0.003 has a valuable relaation. Attention of p value 0.000 has avaluable relation. Direct evidence p value 0.030 has a valuable relation. Service must be upgraded because it is feared it will affect the number of patient visitsin the future. Improving midwife competency in accordance with their duty and function, giving priority to service full of hospitality and patience to patient.

 

Keywords : Patient Statisfaction, Quality of Service

Downloads

Published

2018-10-10