ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH SE-PROVINSI JAWA TENGAH SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID19

Dibuat Oleh Kurnia Ahsanul Habibi, Sobrotul Imtikhanah, Rini Hidayah (Dosen dan Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan)

Authors

  • Rini Hidayah
  • Iim FEB universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • habibi FEB universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v17i1.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis perbedaan rasio kemandirian keuangan, fleksibilitas keuangan, solvabilitas operasional, solvabilitas jangka pendek, solvabilitas jangka panjang, dan solvabilitas layanan pemerintah daerah se-Provinsi Jawa Tengah Sebelum dan Saat Pandemi Covid19. Dalam penelitian ini, terdapat 35 Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah yang menjadi sampel penelitian dengan menggunakan teknik pengambilan sampel sensus atau sampel jenuh. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata rasio kemandirian keuangan dan solvabilitas operasional Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah sebelum dan saat pandemi Covid19. Sedangkan untuk rasio fleksibilitas keuangan, solvabilitas jangka pendek, solvabilitas jangka panjang dan solvabilitas layanan tidak terdapat perbedaan rata-rata sebelum dan saat pandemi Covid19.

 

Kata Kunci: Kemandirian Keuangan, Fleksibilitas Keuangan, Solvabilitas Operasional, Solvabilitas Jangka Pendek, Solvabilitas Jangka Panjang, Solvabilitas Layanan, Kinerja Keuangan Daerah, Pandemi COVID19, Jawa Tengah.

Downloads

Published

2021-09-05

Issue

Section

Articles