https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/issue/feedNeraca2025-06-25T22:23:45+00:00Saebanisaebani@umpp.ac.idOpen Journal Systems<p>Journal title : <strong>Neraca</strong><br />ISSN : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1596422953&1&&" target="_blank" rel="noopener">2745-5750</a> (e) <br />DOI Prefix : 10.48144/neraca<br />Type of peer-review : Double blind<br />Indexing : Google Scholar<br />Frequency : Biannualy (Juni & December)</p>https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/2110Perseroan Terbatas dalam UU Perseroan Terbatas Dalam Pandangan Islam2025-05-29T17:49:44+00:00Fadli Hudaya Hudayafadlihudaya@umpp.ac.idSaebani Saebanisaebani123@gmail.comMuhammad Fathurrahmanmuhfathur143@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan antara Perseroan Terbatas dan syirkah dengan cara melakukan perbandingan secara konsep antara Perseroan Terbatas (PT) yang diatur dalam Undang-Undang No.40 Tahun 2007 dan konsep Syirkah (Partnership) yang diatur dalam hukum Muamalah Islam. UU PT merupakan kerangka hukum yang mengatur karakteristik Perseroan Terbatas, konsep tanggungjawab terbatas (limited liability), proses pendirian Perseroan Terbatas, modal dan saham perseroan, organ perseroan, penggabungan, peleburan dan pengambilalihan, pemeriksaan dan pembubaran perseroan dalam Perseroan Terbatas. Sedangkan Syirkah, sebagai bagian dari fiqh muamalah yang mengatur tentang karakteristik syirkah, proses pembentukan syirkah, ketentuan tentang pelaku akad, modal dan tenaga yang diakadkan serta syaratnya, pembagian bagi hasil dan bagi kerugian, serta pembubaran syirkah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metodologi penelitian content analysis (analisis isi) pada konsep Perseroan Terbatas yang diatur dalam UU No 40 Tahun 2007 dan konsep syirkah yang terdapat di dalam literatur muamalah Islam. Pendekatan yang dilakukan adalah grounded theory (teori mengakar) dengan cara mengumpulkan dan menganalisa konsep PT yang terdapat di dalam UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan konsep syirkah yang terdapat dalam literatur muamalah Islam salah satu an-Nizhom al-Iqtishodiy fi al-Islam karya Taqiyuddin an-Nabhaniy. Hasil Penelitian menunjukkan sementara bahwa Perseroan Terbatas (PT) berdasarkan UU No 40 tahun 2007 berbeda dengan syirkah dalam literatur Muamalah Islam, perbedaan itu terdapat dalam beberapa hal yaitu pertama, pembentukan akad PT belum memenuhi syarat pembentukan sebuah akad dalam muamalah Islam sebagaimana akad syirkah. Kedua, Pembentukan PT tidak memenuhi konsep at-tashorrufat dalam Islam. Ketiga, hubungan antara direktur dan pemilik modal dibangun pada akad upah mengupah (ijarah) bukan akad bagi hasil dan bagi rugi (syirkah). Keempat, pembebanan kerugian tatkala pailit dalam PT yang dibebankan pada direktur hingga harta milik pribadinya tidak sesuai dengan pembebanan kerugian dalam syirkah, yang mana status direktur adalah pihak yang menerima gaji (wage/salary) bukan pihak yang menerima bagi hasil (profit sharing) sebagaimana di dalam syirkah.</em></p> <p> </p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p>Ziyad Ghazal. (2010). <em>Masyru’ Qanun al-Buyu’ fi ad-Daulah al-Islamiyyah</em>, Oman: Daar al-Wadhoh.</p> <p>Yusuf As-Sabatin. (2022). <em>al-Buyu’ al-Qadimah wa al-Mu’ashirah wa al-Burashat al-Mahalliyyah wa al-Dauliyyah</em>, (tt: Maktabah Syamilah).</p> <p>Ali al-Khafif. (2009).<em> as-Syirkat fi al-Fiqh al-Islamiy</em>, Qahiroh: Dar al-Fikr wa al-‘Arobiy.</p> <p>Taqiyuddin an-Nabhaniy. (2004). <em>an-Nizhomu al-Iqtishodiy fi al-Islami</em>, Beirut: Daar al-Ummah.</p> <p>Ainul Yaqin, (2019). Perseroan Terbatas Syariah: Konsep dan LegalitasnyaPerspektif Hukum Islam. Mahkamah Jurnal Kajian Hukum Islam, 4 (1).</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/2105Tinjauan Perkembangan Industri Start up Indonesia:Peluang, Tantangan, dan Arah Kebijakan2025-05-31T13:51:48+00:00Teguh Purwantopurwateguh1@gmail.comPanca Kurniatiitsmeica.kurnia55@gmail.comMusfirah Majidmusfirah.majid@umpp.ac.id<p><em>Industri start-up di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam satu dekade terakhir, menjadikannya sebagai salah satu sektor unggulan dalam ekonomi digital nasional. Dengan jumlah start-up mencapai lebih dari 2.500 pada tahun 2024, Indonesia kini berada di peringkat keenam dunia dalam hal jumlah perusahaan rintisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan industri start-up di Indonesia, mengidentifikasi peluang dan tantangan utama yang dihadapi, serta mengevaluasi peran kebijakan pemerintah dalam membentuk ekosistem yang mendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan analisis data sekunder dari berbagai sumber resmi. Hasil kajian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekosistem start-up didorong oleh faktor demografi muda, peningkatan infrastruktur digital, serta dukungan kebijakan nasional. Namun demikian, tantangan seperti keterbatasan pendanaan tahap awal, kesenjangan SDM digital, dan regulasi yang belum adaptif masih menjadi hambatan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi lintas sektor, penyusunan regulasi yang fleksibel, pemerataan infrastruktur digital, dan perluasan akses pendanaan sebagai langkah strategis untuk memperkuat daya saing start-up Indonesia di tingkat global.</em></p> <p> </p> <p><em>Referensi</em></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Andani, A., Novianta, E., Budhi, A. F., Arya, A., Sabina, Z., & Sari, W. I. (2024). Pengaruh perkembangan ekonomi digital terhadap perusahaan start-up di Indonesia. <em>Jurnal Kajian dan Penelitian Umum</em>, <em>2</em>(1), 1–11. <a href="https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.797" target="_new">https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.797</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Blank, S., & Dorf, B. (2012). <em>The startup owner’s manual: The step-by-step guide for building a great company</em>. K & S Ranch.</span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Christensen, C. M. (1997). <em>The innovator's dilemma: When new technologies cause great firms to fail</em>. Harvard Business Review Press.</span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Etzkowitz, H., & Leydesdorff, L. (2000). The dynamics of innovation: From national systems and "Mode 2" to a triple helix of university–industry–government relations. <em>Research Policy</em>, <em>29</em>(2), 109–123. <a href="https://doi.org/10.1016/S0048-7333(99)00055-4" target="_new">https://doi.org/10.1016/S0048-7333(99)00055-4</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Google, Temasek, & Bain & Company. (2023). <em>e-Conomy SEA 2023</em>. <a href="https://economysea.withgoogle.com/" target="_new">https://economysea.withgoogle.com/</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2022). <em>Peta jalan Indonesia digital 2021–2024</em>. <a href="https://kominfo.go.id" target="_new">https://kominfo.go.id</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Latif, V. T., & Widoatmodjo, S. (2024). Faktor penentu kesuksesan bisnis digital startup. <em>Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan</em>, <em>8</em>(2), 345–354. <a href="https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i2.29664" target="_new">https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i2.29664</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Napitupulu, C., Nasution, I. W. F., Girsang, W., & Harahap, L. M. (2023). Peranan ekonomi digital dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. <em>Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner</em>, <em>1</em>(1). <a href="https://ojs.ruangpublikasi.com/index.php/jpim/article/view/261" target="_new">https://ojs.ruangpublikasi.com/index.php/jpim/article/view/261</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Rahman, M. A., Hapsari, Y., & Pameli, A. (2023). Studi literatur: Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. <em>Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa</em>, <em>1</em>(1). <a href="https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i1.23" target="_new">https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i1.23</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Ries, E. (2011). <em>The lean startup: How today’s entrepreneurs use continuous innovation to create radically successful businesses</em>. Crown Business.</span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Sabilayana, S., Zulfa, A., & Nasution, L. N. (2023). Analisis tantangan dan peluang ekonomi digital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia. <em>Muqaddimah: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis</em>, <em>3</em>(1). <a href="https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v3i1.1185" target="_new">https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v3i1.1185</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Startup Ranking. (2024). <em>Top countries by number of startups</em>. <a href="https://www.startupranking.com/" target="_new">https://www.startupranking.com/</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Startup Ranking. (2024). <em>Top startups by country</em>. <a href="https://www.startupranking.com/" target="_new">https://www.startupranking.com/</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Vitriyah, N. L. (2023). Pertumbuhan ekonomi dan strategi pengembangan startup di Indonesia. <em>Kubis</em>, <em>3</em>(1), 78–95. <a href="https://doi.org/10.56013/kub.v3i01.2153" target="_new">https://doi.org/10.56013/kub.v3i01.2153</a></span></p> <p class="E-JOURNALBody" style="line-height: 115%;"><span lang="IN" style="font-family: 'Book Antiqua',serif;">Badan Pusat Statistik. (2023). <em>Statistik telekomunikasi Indonesia</em>. <a href="https://bps.go.id" target="_new">https://bps.go.id</a></span></p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/2109ANTARA LOGIKA DAN EMOSI: STUDI MEDIASI PERSEPSI NILAI IKLAN SAMSUNG GALAXY TERHADAP MINAT BELI 2025-05-31T14:19:04+00:00Siti Aisyahsitiaisyah@itbmg.ac.idHerna Rizaldiherna.rizaldi@umpp.ac.idEka Reni Noviati Wahyuniekareninw@gmail.comRaditya Ferdiantoradityaf1@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi nilai yang dirasakan dalam hubungan antara daya tarik rasional dan daya tarik emosional terhadap minat beli konsumen terhadap produk Samsung Galaxy melalui konteks iklan produk. Penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner elektronik kepada 100 responden menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di wilayah Purwokerto yang pernah terpapar iklan Samsung Galaxy melalui berbagai media. Analisis data menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa daya tarik rasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai yang dirasakan, namun tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap minat beli. Nilai yang dirasakan berperan sebagai mediator penuh dalam hubungan antara daya tarik rasional dan minat beli. Sebaliknya, daya tarik emosional terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan baik secara langsung terhadap minat beli maupun secara tidak langsung melalui nilai yang dirasakan, sehingga menunjukkan adanya mediasi parsial. Temuan ini mengindikasikan bahwa persepsi nilai berperan sentral dalam menjembatani pengaruh komunikasi pemasaran terhadap intensi perilaku konsumen. Implikasi konseptual dari penelitian ini memperkuat validitas Theory of Planned Behavior dalam konteks pemasaran. Secara praktis, hasil ini menegaskan pentingnya pengembangan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang mampu mengombinasikan daya tarik informatif dan emosional secara seimbang.</em></p> <p> </p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p>Aisyah, S., Rizaldi, H., Wahyuni, E. R. N., & Ferdianto, R. (2024). BAGAIMANA KENIKMATAN BERBELANJA ONLINE MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN KEMBALI?. <em>Neraca</em>, <em>20</em>(2), 126-136.</p> <p>Baheti, G., Jaim, R.K., Jain, N. (2012). The impact of advertising appeals on customer buying behavior. <em>International Journal of research in commerce & management, </em>Vol. No. 3 (2012), Issue. No.11.</p> <p>Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The moderator–mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. <em>Journal of Personality and Social Psychology</em>, 51(6), 1173–1182. </p> <p>Bazarova, N., Choi, Y.H., Sosik, V.S., Cosley, D., Whitlock, J.L. (2015). Sosial Sharing of Emotions on Facebook: Channel Differences, Satisfaction, and Replies. <em>CSCW</em> 2015, Vancouver, BC, Canada.</p> <p>Belch, G.E., Belch, M.A. (1998). Advertising and Promotion. <em>New York: Mc Graw-Hill.</em></p> <p>Chu, F.G. (1996). Strategy Analysis of Advertising Rational Appeals Strategy. <em>J. Adv. Public. Relat</em>, 8:1-26.</p> <p>Colliander, J., Marder, B. (2017). ‘Snap happy’ brands: Increasing publicity effectiveness through a snapshot aesthetic when marketing a brand on Instagram.</p> <p>Comer, J. C., & Wikle, T. A. (2008). Worldwide diffusion of the cellular telephone, 1995–2005. <em>The Professional Geographer</em>, 60(2), 252–269.</p> <p>Crosno, J.L., Freling, T.H., & Skinner, S.J. (2009). Does brand social power mean market might? Exploring the influence of brand social on brand evaluations. <em>Psychology & marketing</em>, 26 (2), 91-121.</p> <p>Fredrickson, B. L. (2011). The broaden-and-build theory of positive emotions: Implications for health and well-being. <em>The Positive Psychology of Personal Transformation</em>, 1(1), 7-19.</p> <p>Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E. (2010). <em>Multivariate Data Analysis, 7<sup>th</sup> ed. </em>Prentice Hall, Upper Saddle River. N.J.</p> <p>Halim, W.Z.W., Hamed, A.B. (2005). Consumer Purchase Intention at traditional restaurant and fast food restaurant. <em>Consumer Behavior</em>.</p> <p>Hu, G., Bhargava, P., Fuhrmann, S., Ellinger, S., & Spasojevic, N. (2017). Analyzing users' sentiment towards popular consumer industries and brands on Twitter. <em>arXiv</em>.</p> <p>Huang, L., Mou, J., See-To, E. W. K., & Kim, J. (2019). Consumer perceived value preferences for mobile marketing in China: A mixed method approach. <em>Journal of Retailing and Consumer Services, 48</em>, 70–86.</p> <p>Hyuna, S.S., Kimb, W., & Lee, M.J. (2011). The impact of advertising on patrons' emotional responses, perceived value, and behavioral intentions in the chain restaurant industry: The moderating role of advertising-induced arousal. <em>International Journal of Hospitality Management</em>, 30, 689–700.</p> <p>Ingavale, D. (2013). A study on customer satisfaction with reference to service quality in the retail sector. <em>International Journal of Marketing and Technology</em>, <em>3</em>(1), 1–13.</p> <p>Kalu, S.E., Daniel, E.C. (2017). Advertising Appeal And Purchase Intention Of Beer Consumers In Port Harcourt. <em>EPRA International Journal of Research and Development (IJRD), </em>Volume: 2.</p> <p>Khan, S.N., Mohsin, M. (2017). The Power of Emotional Value: Exploring the Effects of Values on Green Product Consumer Choice Behavior. <em>Journal of Cleaner production</em>.</p> <p>Kim, H.C., Hyun, M.Y. (2016). Predicting the use of smartphone – based Augmented Reality (AR): Does telepresence really help? <em>Computers in Human Behavior</em>, 59: 28-38.</p> <p>Kotler, P. (1997). <em>Marketing management: Analysis, planning, implementation and control. 9th Edn.</em> New Jersey: Prentice-Hall. 6.</p> <p>Kotler, P. (2003). <em>Marketing management. 11th Edn</em>. New Jersey: Prentice Hall.</p> <p>Kotler, P. (2003). <em>Marketing management. 11th Edn</em>. New Jersey: Prentice Hall.</p> <p>Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). <em>Marketing management</em> (13th ed.). Pearson Education.</p> <p>Lam, A.Y., Lau, M.M., & Cheung, R. (2016). Modelling the relationship among green perceived value, green trust, satisfaction, and repurchase intention of green products. <em>Contemporary Management Research</em>, 12(1), 47–60.</p> <p>Lee, J., & Yun, T. (2015). The impact of leadership style on employee performance. <em>Journal of Business Research</em>, <em>68</em>(4), 765–771. </p> <p>Lee, J., Pee, L.G. (2015). The Relationship between online Trust and Distrust in Business: Testing Mutual Casuality from a Cognitive – Affective Personality System Theory. Asia Pac. <em>J. Inf. Syst</em>., 25, 500-518.</p> <p>Lin, J.-S., & Huang, C.-L. (2012). The impact of service quality on customer satisfaction in the hotel industry. <em>International Journal of Hospitality Management</em>, <em>31</em>(3), 486–494.</p> <p>Lin, L.Y. (2011) The impact of advertising appeals and advertising spokespersons on advertising attitudes and purchase intentions. <em>African Journal of Business Management, </em>Vol. 5 (21), pp. 8446-8457.</p> <p>Main, K.J., Argo, J.J., Huhmann, B.A. (2004) “Pharmaceutical advertising in the USA: information or influence? <em>International Journal of Advertising</em>, Vol. 23 (01), pp. 119-142.</p> <p>Mort, M.H.G.S. (2010). The consequence of appraisal emotion, service quality, perceived value and customer satisfaction on repurchase intent in the performing arts. <em>Journal of Services Marketing.</em> 24(2), 170-182.</p> <p>Neuman, W. L. (2014). <em>Social research methods: Qualitative and quantitative approaches</em> (7th ed.). Pearson Education.</p> <p>Park, K., Lee, K. (2016). Is green product purchasing an innovative or conspicuous behavior? <em>Sosial behavior and personality</em>, 44 (1): 29-44.</p> <p>Rizaldi, H. (2022). The influence of brand popularity, perceived quality, price, and need on purchase intention iPhone products in Purwokerto. <em>Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi</em>, <em>24</em>(2), 14-22.</p> <p>Rizaldi, H., Arifiyanto, M., & Hidayah, N. L. (2024, November). What role do credit cards play in impulse buying?. In <em>Economics and Business International Conference Proceeding</em> (Vol. 1, No. 2, pp. 1144-1156).</p> <p>Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). <em>Consumer behavior</em> (9th ed.). Pearson Education.</p> <p>Schmuck, D., Matthes, J., Naderer, B. (2018). Misleading consumers with green advertising? An affect reason-involvement account of greenwashing effects in environmental advertising. <em>J. Advert</em>. 1-19.</p> <p>Sheth, J. N., Mittal, B., & Newman, B. I. (1991). <em>Customer behavior: Consumer behavior and beyond</em> (2nd ed.). Harcourt Brace Jovanovich.</p> <p>Siddiqui, A.N. (2014). TV Ads Impact on Consumer Purchase Intention. <a href="https://www.researchgate.net/publication/313517197">https://www.researchgate.net/publication/313517197</a>.</p> <p>Sweeney, J.C., Soutar, G.N. (2001). Consumer Perceived Value: The Development of a Multiple Item Scale. <em>Journal of Retailing</em>. 77, 203-220.</p> <p>Sweeney, J.C., Soutar, G.N. (2001). Consumer Perceived Value: The Development of a Multiple Item Scale. <em>Journal of Retailing</em>. 77, 203-220.</p> <p>Turel, O., Serenko, A., & Bontis, N. (2010). User acceptance of hedonic digital artifacts: A theory of consumption values perspective. <em>Information & Management, 47</em>(1), 53–59.</p> <p>Wang, E.S., & Juan, P. (2016). Entrepreneurial orientation and service innovation on consumer response: A B & B case. <em>Journal of Small Business</em> <em>Management</em>. 54(2), 532–545.</p> <p>Wijaya, B.S. (2011). New Model of Hierarchy of Effects in Advertising. <em>Proceeding International Seminar on Scientific Issues and Trends.</em> d5-15.</p> <p>Yang, X., & Zhou, Y.J. (2006). Green value: A new dimension of customer perceived values. <em>China Industrial Economy, </em>7, 110–116.</p> <p>Yoo, A., Lee, B., & Park, C. (2010). Consumer behavior patterns in online shopping. <em>Journal of Marketing Research</em>, <em>47</em>(3), 456–472.</p> <p>Zawisza, M., Pittard, C. (2015). When Do Warmth and competence Sell Best? The “Golden Quadrant” Shifts as a Function of Congruity with the Product Type, Targets Individual Differences, and Advertising Appeal Type, Basic and Applied Social Psychology, 37 (2): 131-141.</p> <p> </p>2025-06-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/2099An Analysis of Halal Regulation and Its Implications for MSMEs: A Systematic Literature Review2025-05-27T03:37:57+00:00Taufiq Awalludinawalludintaufiq@gmail.comTamamudin Tamamudintamamudin@gmail.comAyatullah Sadaliayatullahsadali1@gmail.com<p><em>This study aims to analyze halal regulations and their implications for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia through a systematic literature review approach. The halal regulations, established by Law Number 33 of 2014 concerning Halal Product Assurance, mandate businesses to comply with halal certification standards, directly impacting the dynamics of MSME operations. Using the PRISMA 2020-based systematic literature review method, this study identified and synthesized 40 selected scholarly articles from major databases such as Scopus, Google Scholar, and ScienceDirect. The analysis reveals that the implementation of halal regulations offers significant opportunities for MSMEs to enhance competitiveness, market access, and consumer trust, particularly in the rapidly growing domestic and global halal markets. However, notable challenges were also identified, including limited access to information, relatively high certification costs, and insufficient technical assistance from relevant institutions. These implications call for collaborative strategies between the government, certification bodies, and MSMEs to create an inclusive and sustainable halal ecosystem. This study contributes original insights to the literature by offering a critical synthesis of the dynamics surrounding halal regulation and evidence-based policy recommendations to strengthen the MSME sector. It is expected that this research will serve as a vital reference for policymakers, academics, and practitioners in optimizing the potential of the national halal sector.</em></p> <p> </p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p>Ab Talib, M. S., & Hamid, A. B. A. (2014). Halal logistics and the impact on supply chain management: A conceptual framework. <em>International Journal of Logistics Systems and Management</em>, 17(3), 269–290. <a href="https://doi.org/10.1504/IJLSM.2014.059821">https://doi.org/10.1504/IJLSM.2014.059821</a></p> <p>Ab Talib, M.S., & Hamid, A.B.A. (2014). <em>Halal logistics in Malaysia: A SWOT analysis</em>. Journal of Islamic Marketing, 5(3), 322–343. <a href="https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2013-0018">https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2013-0018</a></p> <p>Abd Rahman, A., Asrarhaghighi, E., & Ab Rahman, S. (2015). Consumers and halal cosmetic products: Knowledge, religiosity, attitude and intention. <em>Journal of Islamic Marketing</em>, 6(1), 148–163. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2013-0068</p> <p>Alserhan, B. A. (2010). On Islamic branding: Brands as good deeds. <em>Journal of Islamic Marketing</em>, 1(2), 101–106. https://doi.org/10.1108/17590831011055842</p> <p>Ambali, A. R., & Bakar, A. N. (2014). People's awareness on halal foods and products: Potential issues for policy-makers. <em>Procedia - Social and Behavioral Sciences</em>, 121, 3–25. <a href="https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1104">https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1104</a></p> <p>Awan, H.M., Siddiquei, A.N., & Haider, Z. (2015). <em>Factors affecting Halal purchase intention: Evidence from Pakistan’s Halal food sector</em>. Management Research Review, 38(6), 640–660. <a href="https://doi.org/10.1108/MRR-01-2014-0022">https://doi.org/10.1108/MRR-01-2014-0022</a></p> <p>Bonne, K., & Verbeke, W. (2008). <em>Religious values informing halal meat production and the control and delivery of halal credence quality</em>. Agriculture and Human Values, 25, 35–47. <a href="https://doi.org/10.1007/s10460-007-9076-y">https://doi.org/10.1007/s10460-007-9076-y</a></p> <p>Fauzia, A., & Latief, I. (2021). Biaya sertifikasi halal dan dampaknya terhadap UMKM pangan. <em>Jurnal Manajemen Usaha Kecil</em>, 9(3), 201–215.</p> <p>Golnaz, R., Zainalabidin, M., Mad Nasir, S., & Eddie Chiew, F. C. (2010). Non-Muslims’ awareness of halal principles and related food products in Malaysia. <em>International Food Research Journal</em>, 17(3), 667–674.</p> <p>Lada, S., Tanakinjal, G. H., & Amin, H. (2009). Predicting intention to choose halal products using Theory of Reasoned Action. <em>International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management</em>, 2(1), 66–76. <a href="https://doi.org/10.1108/17538390910946276">https://doi.org/10.1108/17538390910946276</a></p> <p>Mohayidin, M.G., & Kamarulzaman, Y. (2014). <em>Halal logistics: the Malaysian perspective</em>. Asia Pacific Journal <em>of</em> Marketing and Logistics, 26(4), 556–573. https://doi.org/10.1108/APJML-06-2013-0066</p> <p>Muhammad, N., Leong, V.S., & Nadarajah, D. (2016). <em>Halal food certification and business performance: The Malaysian food manufacturing industry</em>. British Food Journal, 118(8), 1973–1987. https://doi.org/10.1108/BFJ-12-2015-0487</p> <p>Norazah, M. S. (2015). <em>Halal certification: A strategic marketing tool for small and medium enterprises (SMEs) in Malaysia</em>. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 42–48. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.334</p> <p>Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., ... & Moher, D. (2021). <em>The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews</em>. BMJ, 372, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71</p> <p>Rachmawati, R., Nugroho, Y., & Prasetyo, E. (2020). <em>Peluang ekspor produk halal Indonesia dalam meningkatkan daya saing UMKM</em>. <em>Jurnal Perdagangan Internasional</em>, 12(1), 77–90.</p> <p>Rezai, G., Mohamed, Z., & Shamsudin, M.N. (2012). <em>Non-Muslim consumers’ understanding of Halal principles in Malaysia</em>. Journal of Islamic Marketing, 3(1), 35–46. https://doi.org/10.1108/17590831211206572</p> <p>Riaz, M. N., & Chaudry, M. M. (2004). Halal Food Production. <em>CRC Press</em>. <a href="https://doi.org/10.1201/9780203490035">https://doi.org/10.1201/9780203490035</a></p> <p>Sani, N.A.M., & Dahlan, H.A. (2015). <em>A Holistic Halal Ecosystem for Malaysian SMEs: A Preliminary Insight</em>. Procedia Economics and Finance, 37, 514–520. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30159-0</p> <p>Snyder, H. (2019). <em>Literature review as a research methodology: An overview and guidelines</em>. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039</p> <p>Tieman, M. (2011). The<em> application of Halal in supply chain management: in-depth interviews</em>. Journal of Islamic Marketing, 2(2), 186–195. https://doi.org/10.1108/17590831111139893</p> <p>Tieman, M., Vorst, J.G.A.J., & Ghazali, M.C. (2012). <em>Principles in halal supply chain management</em>. Journal of Islamic Marketing, 3(3), 217–243. <a href="https://doi.org/10.1108/17590831211259727">https://doi.org/10.1108/17590831211259727</a></p> <p>Tieman, M. (2011). The application of halal in supply chain management: In-depth interviews. <em>Journal of Islamic Marketing</em>, 2(2), 186–195. https://doi.org/10.1108/17590831111139893</p> <p>Tieman, M., van der Vorst, J. G. A. J., & Ghazali, M. C. (2012). Principles in halal supply chain management. <em>Journal of Islamic Marketing</em>, 3(3), 217–243. <a href="https://doi.org/10.1108/17590831211259727">https://doi.org/10.1108/17590831211259727</a></p> <p>Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). <em>Towards a methodology for developing evidence-informed management knowledge by means of systematic review</em>. British Journal of Management, 14(3), 207–222. https://doi.org/10.1111/1467-8551.00375</p> <p>Winarno, F. G., & Purwanti, T. (2021). Tantangan UMKM dalam implementasi sertifikasi halal: Analisis di Kota Bandung. <em>Jurnal Industri dan Usaha Kecil</em>, 16(2), 134–148.</p> <p>Winarno, F.G., & Purwanti, T. (2021). <em>Tantangan UMKM dalam Implementasi Sertifikasi Halal: Analisis di Kota </em>Bandung. Jurnal Industri dan Usaha Kecil, 16(2), 134–148.</p> <p>Wilson, J. A. J., & Liu, J. (2011). The challenges of Islamic branding: Navigating emotions and halal. Journal<em> of </em>Islamic<em> Marketing</em>, 2(1), 28–42. <a href="https://doi.org/10.1108/17590831111115222">https://doi.org/10.1108/17590831111115222</a></p> <p>Yusof, S.A.M., & Jusoh, W.J.W. (2013). <em>Islamic branding: the understanding and perceptions of Muslim </em>consumers<em> in Malaysia</em>. Asian Social Science, 9(10), 92–101. https://doi.org/10.5539/ass.v9n10p92</p> <p> </p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/2089PERAN TATA KELOLA PERUSAHAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH IMPLEMANTASI GREEN ACCOUNTING, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN FIRM SIZE TERHADAP KINERJA KEUANGAN2025-05-23T08:36:42+00:00Sobrotul Imtikhanahemmaferdiz@yahoo.co.idDinda Dwi Anisadindadwianisa2@gmail.comTutut Dwi Andayanidwiandayani583@gmail.com<p><em>This study examines the role of corporate governance in moderating the influence of green accounting disclosure, corporate social responsibility (CSR), and firm size on the financial performance of mining companies. Green accounting is not just a trend but a necessity in today's business and public sector. By implementing this concept, organizations can achieve a balance between economic growth, social responsibility, and environmental protection to create long-term sustainability.Green accounting enables organizations to be more transparent in reporting the environmental impact of their business or operational activities. Its implementation can affect financial performance in various ways, both directly and indirectly. Applying green accounting encourages efficiency in resource utilization and waste management, which can reduce operational costs and ultimately impact financial performance.</em></p> <p><em>The sample size in this study consists of 36 mining companies. Data was collected through audited financial reports published over three years. Data analysis was conducted using Moderated Regression Analysis (MRA) with the assistance of SPSS.The results of this study indicate that firm size, CSR, and company size have a significant effect on financial performance. The test results also show that corporate governance can be weaken the implementation of green accounting, CSR, and firm size in relation to financial performance.</em></p> <p><strong><em> </em></strong></p> <p><strong>REFERENCES </strong></p> <p>Aghnitama, R. D., Aufa, A. R., & Hersugondo. (2021). Market Capitalization dan Profitabilitas Perusahaan dengan FAR, AGE, EPS, dan PBV sebagai Variabel Kontrol. <em>Jurnal Akuntansi Dan Manajemen</em>, <em>18</em>(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.36406/jamv18i02.392</p> <p>Alberta, V. (2018). <em>Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan dengan Variabel Moderasi Corporate Governance pada Perbankan Syariah di Indonesia</em>. Universitas Diponegoro.</p> <p>Alfawaz, R., & Fathah, R. N. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sektor Industri Kesehatan. <em>Proceeding of National Conference on Accounting & Finance</em>, <em>4</em>, 513–521. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol4.art64</p> <p>Amelia, J. (2024). <em>Pengaruh Penerapan Green Acoounting dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan dengan Tata Kelola Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023)</em>. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.</p> <p>Anggraini, J., & Rivandi, M. (2023). Return on Assets dan Ukuran Perusahaan terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Consumer Goods Tahun 2018-2021. <em>JURA: Jurnal Riset Akuntansi</em>, <em>1</em>(2), 173–187. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i2.410</p> <p>Ariansyah, R., Meidiyustani, R., & Lestari, I. R. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional dan Likuiditas terhadap Kinerja Keuangan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi. <em>Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan</em>, <em>1</em>(2), 247–263. https://doi.org/https://doi.org/10.59407/jakpt.v1i2.205</p> <p>Ayuningtyas, A. H., & Mawardi, W. (2022). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Tangibilitas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. <em>Diponegoro Journal of Management</em>, <em>11</em>(6), 1–13.</p> <p>Azzahra, S., & Nasib. (2019). Pengaruh Firm Size dan Leverage Ratio Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan. <em>Jurnal Wira Ekonomi Mikrosil</em>, <em>9</em>(1), 13–20. https://doi.org/https://doi.org/10.55601/jwem.v9i1.588</p> <p>Bangun, A. M., Astuti, T., & Satria, I. (2024). Pengaruh Green Intelectual Capital, Green Accounting, dan Firm Size Terhadap Kinerja Keuangan dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. <em>Jurnal Riset Bisnis</em>, <em>7</em>(2), 314–335. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/jrb.v7i2.6584</p> <p>Beaver, W. H. (1966). Financial Ratios As Predictors of Failure. <em>Journal of Accounting Research</em>, <em>4</em>, 71–111. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/2490171</p> <p>Brown, N., & Deegan, C. (1998). The Public Disclosure of Enviromental Performance Information: A Dual Test of Media Agenda Setting Theory and Legitimacy Theory. <em>Accounting and Business Research</em>, <em>29</em>(1), 21–41. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00014788.1998.9729564</p> <p>Chasbiandani, T., Rizal, N., & Satria, I. (2019). Penerapan Green Accounting Terhadap Profitabilitas Perusahaan di Indonesia. <em>AFRE Accounting and Financial Review</em>, <em>2</em>(2), 126–132. https://doi.org/10.26905/afr.v2i2.3722</p> <p>Deswanto, V. (2022). Literature Review: Green Accounting Era 4.0 Menuju Society 5.0. <em>Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen</em>, <em>11</em>(2), 42–48. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/risetekonomi/article/view/7213/pdf</p> <p>Dewi, G. K., Yani, I. F., Yohana, Kalbuana, N., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh GCG, Leverage, Pengungkapan CSR terhadap Performance Financial pada Perbankan SYariah di Indonesia dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. <em>Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam</em>, <em>7</em>(3), 1740–1751. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3600</p> <p>Dianty, A., & Nurrahim, G. (2022). Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan. <em>Economic Professional in Action (E-Profit)</em>, <em>4</em>(2), 136–145. https://jurnalunibi.ac.id/ojs/index.php/eprofit/article/view/529/476</p> <p>Efria, D. A., Baining, M. E., & Orinaldi, M. (2023). Pengaruh Green Accounting dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di ISSI Tahun 2019-2021. <em>Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance</em>, <em>4</em>(2), 77–88. https://doi.org/10.32939/fdh.v4i2.2568</p> <p>Elkington, J. (1994). Towards the sustainable corporation: win-win-win business strategies for sustainable development. <em>California Management Review.</em>, <em>36</em>(2), 90–100. https://doi.org/10.2307</p> <p>Fadilah, P. (2020). <em>Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi</em> [Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya]. https://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/7030</p> <p>Fahmi, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corprate Social Responsibility pada Perusahaan Consumer Goods yng Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. <em>Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis</em>, <em>19</em>(1), 26–39. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jrab.v19i1.3322</p> <p>Fanalisa, F., & Juwita, H. A. J. (2022). Analisis Rasio Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas, dan Profitabilitas untuk Menilai Kinerja Keuangan. <em>Jurnal Management Risiko Dan Keuangan</em>, <em>1</em>(4), 223–243. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/jmrk.2022.01.4.01</p> <p>Fitra, J., Asmeri, R., & Begawati, N. (2021). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance) dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. <em>Jurnal Pengembangan Ilmu Akuntansi & Keuangan</em>, <em>3</em>(4), 721–738. https://ejournal-unespadang.ac.id/index.php/PJ/article/view/442</p> <p>Fitriyanti, R. (2016). Pertambangan Batubara : Dampak Lingkungan, Sosial dan Ekonomi. <em>Jurnal Redoks</em>, <em>1</em>(1). https://doi.org/10.31851/redoks.v1i1.2017</p> <p>Freeman, R. E. (1984). <em>Strategic Management: A Stakeholder Approach</em>. Pitman.</p> <p>Frynas, J. G. (2009). <em>Beyond Corporate Social Responsibility: Oil Multinationals and Social Challenges</em>. Cambrige University Press.</p> <p>Ghozali, I. (2018). <em>Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25</em> (A. Tejokusumo (ed.); 9th ed.). Universitas Diponegoro.</p> <p>Ghozali, I., & Chariri, A. (2014). <em>Teori Akuntansi: International Financial Reporting System (IFRS)</em> (Edisi 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.</p> <p>Gunadi, I. G. N. B., Wisuana, I. G. B., Purbawangsa, I. B. A., & Rahyuda, H. (2020). Impact of Structural Capital and Cmpany Size on the Growth of Firm Value through Financial Performance with Good Corporate Governance as a Moderating Variable: Property and Real Estate Business in Indonesia. <em>International Journal of Economic & Business Administration (IJEBA)</em>, <em>0</em>(4), 332–352. https://ideas.repec.org/a/ers/ijeba/vviiy2020i4p332-352.htm</p> <p>Gunawan, N. B. A. (2022). <em>Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020</em>. Universitas Kristen Satya Wacana.</p> <p>Gustiana, R., Nor, W., & Hudaya, M. (2019). Pengaruh Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap kinerja Keuangan dan Firm Value dengan Sustainability Reporting sebagai Variabel Intervening. <em>Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan (JRAP)</em>, <em>6</em>(2), 81–96. https://doi.org/10.35838/jrap.2019.006.02.19</p> <p>Hamidi. (2019). Analisis Penerapan Green Accounting terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. <em>Equilibiria</em>, <em>6</em>(2), 23–36. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/jeq.v6i2.2253</p> <p>Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2000). <em>Akuntansi Manajemen Jilid 2</em> (T. Sihombing (ed.)). Erlangga.</p> <p>Hasan, F. (2015). <em>Tata Kelola Perusahaan dalam Perspektif Etika</em>. Wordpress. https://fakrurrojihasan.wordpress.com/2015/04/16/tata-kelola-perusahaan-dalam-perspektif-etika/</p> <p>Hastuti, W. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Tipe Industri terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Laporan Tahunan. <em>Jurnal Akuntansi</em>, <em>2</em>(3), 1–25. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/1545</p> <p>Hayati, S., & Saputra, L. A. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada CV. Jaya Anugrah. <em>Business Management</em>, <em>2</em>(1), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.58258/bisnis.v2i1.5430</p> <p>Hidayah, N., & Wijaya, S. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pertambangan Batu Bara (The Effect of CSR on the Financial Performance of Coal Mining Companies). <em>Akuntansi Bisnis & Manajemen (ABM)</em>, <em>29</em>(1), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.35606/jabm.v29i1.1021</p> <p>Hoi, M. F. (2021). <em>Pengaruh Informasi Akuntansi Manajemen terhadap Pengambilan Keputusan Keuangan pada KOPDIT di Kota Kupang</em>. https://search.app/cveqR6frXTyw4gJ2A</p> <p>Initiative, G. R. (GRI). (2013). <em>G4 Pedoman Pelaporan Keberlanjutan</em>. www.globalreporting.org</p> <p>Janiartini, A., & Syafruddin, M. (2020). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan dengan Tata Kelola Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. <em>Diponegoro Journal of Accounting</em>, <em>9</em>(4), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/29038</p> <p>Jatmiko, H. (2023). <em>Rekam Jejak Kasus Pertambangan di Indonesia</em>. TuK Indonesia. https://www.tuk.or.id/wp-content/uploads/REKAM-JEJAK-KASUS-PERTAMBANGAN.pdf</p> <p>Kusmayadi, D., Rudiana, D., & Badruzaman, J. (2015). <em>Good Corporate Governance</em> (I. Firmansyah (ed.)). LPPM Universitas Siliwangi.</p> <p>Mauliza, Y. I. (2024). <em>Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Tata Kelola sebagai Variabel Moderasi</em>. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.</p> <p>Misutari, N. M. S., & Ariyanto, D. (2021). Good Corporate Governance Memoderasi Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Penerapan Green Accounting terhadap Kinerja Keuangan. <em>E-Journal Akuntansi Universitas Udayana</em>, <em>31</em>(12), 2975–2987. https://doi.org/10.24843/EJA.2021.v31.i12.p03</p> <p>Monalisa, P., & Serly, V. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Tata Kelola Perusahaan sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. <em>Jurnal Eksplorasi Akuntansi (JEA)</em>, <em>5</em>(3), 1272–1289. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jea.v5i3.774</p> <p>Nagara, V. A., & Pangaribuan, H. (2021). Pengaruh ROA terhadap Pengungkapan CSR. <em>Jurnal Ekonomis</em>, <em>14</em>(2C), 46–59. https://doi.org/10.58303/jeko.v14i2c.2598</p> <p>Panggabean, R. R., & Deviarti, H. (2012). Evaluasi Pengungkapan Akuntansi Lingkungandalam Perspektif PT Timah (Persero) Tbk. <em>Binus Business Review</em>, <em>3</em>(2), 1010–1028. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/bbr.v312.1371</p> <p>Pantow, M. S. R., Murni, S., & Trang, I. (2015). Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan yng Tercatat di Indeks LQ 45. <em>Jurnal EMBA</em>, <em>3</em>(1), 961–971. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7801</p> <p>Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. <em>Jurnal Ilmu Manajemen</em>, <em>1</em>(1), 183–196. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/1505</p> <p>Putri, A. Y., Wibowo, A. S., & Rosel. (2022). Pengaruh Penerapan Green Accounting Terhadap Kinerja Keuangan dengan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). <em>Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi</em>, <em>3</em>(3), 221–231. https://doi.org/https://doi.org/10.52300/jmso.v3i3.7543</p> <p>Putri, R. A., Rokhmawati, A., & Fitri. (2022). The Effect of Firm Size and Leverage on Financial Performance with Good Corporate Governance as a Moderating Variable. <em>International Journal of Economic, Business and Applications</em>, <em>7</em>(2), 37–52. https://doi.org/10.31258/ijeba.76</p> <p>Quan, V. C., & Ardiansyah. (2020). Pengaruh Financial Leverage, Firm Size dan Free Cash Flow terhadap Financial Performance. <em>Jurnal Paradigma Akuntansi</em>, <em>2</em>(2), 920–929. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i2.7675</p> <p>Ramadhani, K., Saputra, M. S., & Wahyuni, L. (2022). Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan dengan Tata Kelola Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. <em>Jurnal Akuntansi Trisakti</em>, <em>9</em>(2), 227–242. https://doi.org/https://doi.org/10.25105/jat.v9i2.14559</p> <p>Rosid, M. A. (2024). <em>Pengaruh Corporate Social Responsibillity Disclusure terhadapFinancial Performance dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi</em> [Universitas Diponegoro]. https://repofeb.undip.ac.id/14979</p> <p>Ruhiyat, E., & Kurniawan, M. E. (2024). Pengaruh Green Accounting, Struktur Modal dan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. <em>Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi</em>, <em>5</em>(1), 618–633. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/rev.v5i1.466</p> <p>Santoso, M. B., & Raharjo, S. T. (2014). Corporate Social Responsibility (CSR) dari Sudut Pandang Perusahaan. <em>Share Social Work Journal</em>, <em>4</em>(1), 13–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/share.v4i1.13045</p> <p>Saputra, A. H. R., Rini, E. S., & Absah, Y. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Green Innovation terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. <em>Maangement and Business Review</em>, <em>8</em>(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mbr.v8i1.9893</p> <p>Saputra, A., Ulupui, I. G. K. A., & Zairin, G. M. (2024). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Dewan Komisaris terhadap Kinerja Keuangan dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Moderasi. <em>Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi</em>, <em>2</em>(1), 131–141.</p> <p>Saputri, I. N., & Setiawati, E. (2024). Effect Of Firm Size and Leverage On The Company Financial Performance, With Good Corporate Governance As A Moderation Variable. <em>Management Studies and Entrepreneurship Journal</em>, <em>5</em>(1), 441–455. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.3828</p> <p>Satriadi, F., Bagaskara, M. A., Pranoto, T., & Haryono, L. (2018). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. <em>Studi Akuntansi & Keuangan Indonesia</em>, <em>1</em>(2), 134–157. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENGARUH+TATA+KELOLA+PERUSAHAAN+TERHADAP+PROFITABILITAS+PADA+PERUSAHAAN+YANG+TERDAFTAR+DI+BURSA+EFEK+INDONESIA&btnG=#d=gs_qabs&t=1736780381733&u=%2523p%25DmDMW8xH7bSIJ</p> <p>Sihombing, T. R. (2024). <em>Pengaruh Penerapan Green Accounting dan inerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan dengan Tata Kelola Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi</em> [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang]. https://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/613/</p> <p>Silaban, A., & Harefa, M. S. (2020). Efek Moderasi Tata Kelola Perusahaan Atas Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Korporat terhadap Kinerja Keuangan. <em>Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan</em>, <em>3</em>(1), 226–243. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v3i1.945</p> <p>Simanjuntak, O. T. W. (2022). <em>Pengaruh Usia Perusahaan, Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan dengan Inklusi Keuangan sebagai Variavel Intervening</em> [Universitas Lampung]. https://digilib.unila.ac.id/64162/3/TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf</p> <p>Sitanggang, R. P., & Ratmono, D. (2019). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Pengungkaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Mediasi. <em>Diponegoro Journal of Accounting</em>, <em>8</em>(4), 1–15.</p> <p>Sugiyono. (2013). <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D</em> (Edisi 1). Penerbit Alfabeta. https://digilib.stekom.ac.id/ebook/view/Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-DAN-RND</p> <p>Sunaryo. (2013). Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan. <em>Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum</em>, <em>7</em>(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v7no1.363</p> <p>Susenohaji. (2014). Analisis Kinerja Keuangan Perusahuaan atas Ungkapan (Disclosure) Tanggung Jawab Lingkungan Perusahaan (Studi Empiris Penerapan Regulasi pada Perusahaan Go Public). <em>Accounting Balance</em>. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004</p> <p>Titania, H., & Taqwa, S. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. <em>Jurna Eksplorasi Akuntansi (JEA)</em>, <em>5</em>(3), 1224–1238. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jea.v5i3.795</p> <p>Tryani, S., Lusiana, & Azizi, P. (2024). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kinerja Keuangan dengan Pertumbuhan Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Pertambangan. <em>Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen</em>, <em>2</em>(2), 35–51. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/trending.v2i2.2223</p> <p>Walhi. (2023). <em>Kriminalisasi Warga Pejuang Lingkungan Terjadi Lagi</em>. WALHI SULTRA. https://walhu-sultra.or.id/kriminalisasi-warga-pejuang-lingkungan-terjadi-lagi/</p> <p>Wardianda, A. B., & Wiyono, S. (2023). Pengaruh Green Accounting terhadap Kinerja Keuangan dengan Moderasi Corporate Governance terhadap Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2021. <em>Jurnal Ekonomi Trisakti</em>, <em>3</em>(2), 3183–3190. https://doi.org/https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.17411</p> <p>Welly, Y., & Ikhsan, A. (2022). <em>Kinerja Keuangan dan Kinerja Pasar dalam Perspektif Corporate Governance Intelectual Capital dan Green Accounting</em> (M. Y. Noch (ed.)). Madanetera. https://digilib.unimeb.ac.id/id/eprint/47837/1/fulltext.pdf</p> <p> </p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/2076INTEGRASI INTERNET OF THINGS (IOT) DAN E-WALLET DALAM SISTEM AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMBAYARAN DIGITAL2025-05-31T14:47:56+00:00Khoirul Fatah Fatahfatahirul@gmail.comHerna Rizaldiherna.rizaldi@umpp.ac.idUsamah Usamahizamu65.usamah@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT) dan intensitas penggunaan dompet digital (e-Wallet) dapat meningkatkan efisiensi dalam sistem pembayaran digital. Studi ini dilaksanakan di daerah Pekalongan dengan melibatkan 76 partisipan yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik IoT maupun e-Wallet memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi, dengan IoT memberikan dampak yang lebih besar. Integrasi kedua teknologi ini memungkinkan proses pembayaran yang lebih efisien, cepat, dan aman. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya penerapan teknologi digital dalam pengembangan sistem akuntansi modern.</em></p> <p> </p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p>Alfi Rizka Maulidah, Rini Puji Astuti, Khaerun Nisa, Wisnu Erlangga, E. H. (2024). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital : Pada Era Revolusi Industri. <em>Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital</em>, <em>01</em>(04), 798–803.</p> <p>As-Syahri, H. (2024). Pemanfaatan Financial Technology Dalam Peningkatan Efektifitas Pemasaran di Era Digital. <em>Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial</em>. https://ojs.daarulhuda.or.id/index.php/Socius/article/view/675</p> <p>Chopra, A., & Ranjani, K. S. (2020). Adoption of digital transaction model by micro enterprises to target millennials in India: An exploratory study. <em>Social Business</em>, <em>10</em>(4), 411–434. https://doi.org/10.1362/204440820x15813359568318</p> <p>Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. <em>Management Science</em>, <em>35</em>(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982</p> <p>Dewi, S. (2023). The importance of Digital- based Payment Management Knowledge for MSME Drivers : a Study of Financial Literacy. <em>… Research and Critics …</em>. https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3304/</p> <p>Eliza, R., Zulkifli, Z., Syafwandi, S., & Fitria, L. (2024). Analisis Perilaku Konsumen Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Di Indonesia: Literature Review. <em>Innovative: Journal Of …</em>. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/12063</p> <p>ESCAP. (2022). MSME access to finance : the role of digital payments. <em>United Nation</em>, <em>7</em>. https://repository.unescap.org/handle/20.500.12870/4557</p> <p>Ghozali, I. (2018). <em>Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9</em> (9th ed.). Undip.</p> <p>Hasbolah, Farhana: Rosli, Mohamad Hafiz: Hamzah, Hanissah: Omar, Siti Aisyah: Bhuiyan, A. B. (2021). the Digital Accounting Entrepreneurship Competency for Sustainable Performance of the Rural Micro, Small and Medium Enterprises (Msmes): an Empirical Review. <em>International Journal of Small and Medium Enterprises</em>, <em>4</em>(1), 12–25. https://doi.org/10.46281/ijsmes.v4i1.1471</p> <p>Hendrawan, M. R. N. A., Marits, S. A., & Herman, S. (2023). Development of Digital Payment Systems in Indonesia. <em>Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan</em>, <em>11</em>(3), 1335–1344.</p> <p>Jogiyanto, H. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi 6. In <em>Yogyakarta: BPFE</em>. BPFE.</p> <p>Liana, E., & Fadli, J. A. (2023). Effect Of Ease Of Use Of Application, E-Service Quality And Benefit Perception Of E-Wallet Application On Customer Satisfaction. <em>Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan</em>. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/2312</p> <p>Pratiwi, A. (2022). The Effectiveness of the Implementation of the Indonesian Standard Quick Response Payment System (QRIS) on MSMEs in Banten. <em>Review of Accounting and Taxation</em>, <em>1</em>(02), 93–99. https://doi.org/10.61659/reaction.v1i02.143</p> <p>Rio Laksamana, Bustami, S. R. (2024). The Use of Cross-Generational Digital Wallets in Accelerating Digital Economy Transformation. <em>Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam</em>, <em>10</em>(01).</p> <p>Yoganata, M. W. (2024). Transformasi E-Business di Era Society 5.0 Mengubah Perilaku Konsumen dan Model Bisnis. <em>Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu …</em>. https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jkpim/article/view/402</p> <p><strong> </strong></p>2025-06-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/1903KAJIAN ANALISIS PENETAPAN BIAYA ADMINISTRASI PENJADWALAN KEMBALI AKAD MURABAHAH DI KSPPS BAITUT TAMWIL MUHAMKA2024-08-15T10:45:05+00:00KHARISMA TIARAWATIkharismatiarawati89@gmail.comYohani Yohaniadeniraku@gmail.comSaebani Saebanisaebani123@gmail.comMoegiri Moegirimoebandeng@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penetapan biaya administrasi penjadwalan kembali pembiayaan murabahah di KSPPS Baitut Tamwil Muhamka. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup obeservasi terhadap SOP Pembiayaan dan bagaimana praktik dilapangannya. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada ketentuan Fatwa DSN MUI No. </em><em>134/DSN-MUI/II/2020</em><em> tentang </em><em>Penetapan Biaya Riil pada penjadwalan kembali Tagihan Murabahah</em><em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan biaya administrasi penjadwalan kembali pembiayaan murabahah pada KSPPS Baitut Tamwil Muhamka secara prinsip sudah sesuai dengan Fatwa DSN MUI. Penelitian ini memberikan informasi bahwa Baitut Tamwil Muhamka berusaha menjadi koperasi syariah yang tetap berada dalam rule hukum islam dengan mengutamakan azas keadilan dan terhindar dari riba. </em></p> <p> </p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p>andri, soemitra, M.A.,. 2010. <em>Bank & Lembaga Keuangan Syariah</em>. Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana Perdana Group.</p> <p>Daryahto, M. 2010. <em>Administrasi Pendidikan</em>. Jakarta: Renika Cipta.</p> <p>Hasan, M. A. 2004. <em>Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam</em>. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.</p> <p>Ilhamy Nasution, Muhammad Lathief. 2018. <em>Manajemen Pembiayaan Bank Syariah</em>. Pertama. Sumatra Utara: FEBI UIN-SU Press.</p> <p>Iman, Firmansyah. 2013. <em>Akuntansi Biaya</em>. Bandung: Dunia Cerdas.</p> <p>Irfan Harmoko, Se.I., Mm. 2018. “MEKANISME RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN PADA AKAD PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM UPAYA PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH.” <em>Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law</em> 2 (2): 61–80. https://doi.org/10.30762/q.v2i2.1042.</p> <p>Kartono, Kartini. 1996. <em>Pengantar Metodologi Riset Sosial</em>. Cetakan Ketujuh. Bandung: CV. Mandar Maju.</p> <p>Kasmir. 2011. <em>Manajemen Perbankan</em>. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.</p> <p>Majelis Ulama Indonesia. 2000. “Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 04/DSN-MUI/IV/2000.” https://dsnmui.or.id/kategori/fatwa/page/14/.</p> <p>Mangani Silvanita, Ketut. 2009. <em>Bank Dan Lembaga Keuangan Lain</em>. Jakarta: Erlangga.</p> <p>Mintarjo. 2013. <em>Administrasi Bank</em>. Surabaya: Erlangga.</p> <p>Muyasir, SHI., SE., Ahda. 2016. “Asas Keadilan Dalam Penetapan Biaya Administrasi Pembiayaan Di Bank Syariah.” Banjarmasin: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Pascasarjana.</p> <p>Nazir, Moh. 2009. <em>Metode Penelitian</em>. Bogor: Ghalia Indonesia.</p> <p>Sudrajat, Bayu, and . Masngudi. 2023. “BIAYA ADMINISTRASI PEMBIAYAAN DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.” <em>J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam</em> 2 (01). https://doi.org/10.57210/j-ebi.v2i1.220.</p> <p>Sulhan, M. 2008. <em>Manajemen Bank : Konvensional Dan Syari’ah</em>. Malang: UIN Malang Press.</p> <p>Susiadi. 2015. <em>Metode Penelitian</em>. Lampung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.</p> <p>Ulpah, Mariya. 2020. “Konsep Pembiayaan Dalam Perbankan Syariah.” <em>Madani Syari’ah: Jurnal Pemikiran Perbankan Syariah</em> 3 (2): 147–60.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/1922PENERAPAN AKAD MUDHARABAH PADA PRODUK SIMPANAN KOPERASI SYARIAH (Studi pada KSPPS BTM Banjarnegara)2024-08-21T23:16:50+00:00Sofyan Nurdinmuhsofyandin@gmail.comYohani Yohaniadeniraku@gmail.comNur Kholidahnur.kholidah92@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan akad mudharabah pada produk simpanan di KSPPS BTM Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang didukung oleh penelitian pustaka (library research). Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak KSPPS BTM Banjarnegara (untuk data primer) dan juga kajian berbagai literatur yang relevan dengan topik penelitian (untuk data sekunder). Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik content analysis dari data primer maupun sekunder yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akad mudharabah diterapkan pada beberapa produk simpanan yang ada di KSPPS BTM Banjarnegara, antara lain SIMUSA (Simpanan Mudharabah Biasa), SIHARA (Simpanan Hari Raya), SIMKA (Simpanan Berjangka), dan IMMADA (Investasi Mudharabah Masa Depan). Penerapan akad mudharabah pada produk simpanan di KSPPS BTM Banjarnegara telah sesuai dengan Fatwa DSN MUI yang mengatur tentang produk simpanan, yaitu Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan dan Fatwa DSN MUI No. Fatwa DSN MUI No. 03/DSN-MUI/IV/2000 tentang Deposito.</p> <p> </p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p>Ali, M. (1992). <em>Islamic Banking and Finance in Theory and Practice</em>. Islamic Research and Training Institute (IRTI) - Islamic Development Bank (IDB).</p> <p>Alimusa, L. O. (2022). Kajian Konsep Akad dan Jenis Produk Perhimpunan Dana Bank Syariah di Indonesia. <em>JIEI (Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam)</em>, <em>8</em>(3), 2511–2521.</p> <p>Anshori, H. A. G. (2008). <em>Tanya Jawab Perbankan Syariah</em>. UII Press.</p> <p><em>Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Tabungan</em>. (n.d.).</p> <p>Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 03/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Deposito.</p> <p>Hartono, R. (2019). Konsep dan Perhitungan Bagi Hasil pada Penghimpunan Dana (Funding) di Bank Syariah. <em>Asy Syar’iyyah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Perbankan Islam –</em>, <em>4</em>(1), 1–22.</p> <p>Iflaha, N. (2019). Konsep Akad Mudhorobah Musytarakah dalam Ekonomi Islam. <em>Lan Tabur: Jurnal Ekonomi Syari’ah</em>, <em>1</em>(1), 1–22.</p> <p>Ismanto, K. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Eksistensi BMT/BTM di Pekalongan. <em>Jurnal Litbang Kota Pekalongan</em>, <em>9</em>(1), 338–346.</p> <p>Karim, A. A. (2007). <em>Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan</em>. Raja Grafindo Persada.</p> <p>Khoiriyah, N., Nikmah, J., & Hidayatul Istiqomah, N. (2023). Analisis Perbedaan Prinsip Produk Penghimpunan Dana (Funding) Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional. <em>JIB: Jurnal Perbankan Syariah</em>, <em>3</em>(1), 8–14.</p> <p>KSPPS BTM Banjarnegara. (2020). <em>Rencana Strategis KSPPS BTM Banjarnegara</em>.</p> <p>KSPPS BTM Banjarnegara. (2023). <em>Laporan RAT Tahun Buku 2023 KSPPS BTM Banjarnegara</em>.</p> <p>Mundir, A., & Fatimah, D. (2021). Peran Produk Rahn dalam Penguatan Usaha untuk Meningkatkan Pendapatan Nasabah di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Kramat Cabang Jatiarjo Prigen Pasuruan. <em>Jurnal Widya Balina</em>, <em>6</em>(2), 210 – 225.</p> <p>Nailunaja, M. A. (2019). <em>Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Meningkatkan Kehidupan Sosial Ekonomi (Studi di Baitul Tamwil Muhammadiyah Cabang Bandar Kabupaten Batang)</em>. IAIN Pekalongan.</p> <p>Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Perizinan Usaha Simpan Pinjam Koperasi.</p> <p>Rusby, Z., Hamzah, Z., & Hamzah. (2016). Analisa Permasalahan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) melalui Pendekatan Analytical Network Process (ANP). <em>Jurnal Al-Hikmah</em>, <em>13</em>(1), 18–29.</p> <p>Shoimah, S. N., Susanti, D. O., & Tektona, R. I. (2020). Karakteristik Akad Mudharabah Pada Transaksi Penyimpanan Dana Nasabah di Bank Syariah. <em>Risalah Hukum</em>, <em>16</em>(1), 1–15.</p> <p>Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). <em>Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan</em>. CV Nata Karya.</p> <p>Suara Muhammadiyah. (2020). <em>Baitut Tamwil Muhammadiyah</em>. https://doi.org/https://web.suaramuhammadiyah.id/2020/07/13/baitut-tamwil-muhammadiyah/</p> <p>Suryana. (2010). <em>Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif</em>. Universitas Pendidikan Indonesia.</p> <p>Syaukani. (2018). Mudharabah dalam Sistem Ekonomi Islam. <em>Jurnal Manajemen Dan Bisnis</em>, <em>6</em>(2), 48–58.</p> <p>Windasari, & Karim, A. (2020). Analisis Peran KSPPS dalam Mendukung Ekonomi Rakyat Berbasis Usaha Menengah Kecil. <em>Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi</em>, <em>11</em>(1), 7–18.</p> <p>Yusuf, A. M. (2014). <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan</em>. Kencana.</p> <p>Zulianto, A., Rohmatullaili, N., & Maula, V. L. (2022). Analisis Strategi Penghimpunan Dana dalam Produk Deposito Mudharabah pada KCP Bank Syariah Indonesia Sumberrejo Bojonegoro. <em>ADILLA: Jurnal Ekonomi Syariah</em>, <em>5</em>(1), 51–63.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/2104ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN ETIKA PROFESI TERHADAP KINERJA LULUSAN D3 ELEKTRONIKA UMPP DI DUNIA KERJA2025-06-04T08:54:16+00:00R Kurniawan Dwi Septiadylayarireng@gmail.comGhoni Musyaharghonimusyahar@gmail.comImam Prasetyoimamprasetyo@gmail.comAlfa Yuliana Dewialfayuliana@gmail.com<p><em>Penelitian ini <strong>bertujuan</strong> untuk menganalisis pengaruh pemahaman etika profesi terhadap kinerja lulusan D3 Elektronika Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) di dunia kerja. Dilatarbelakangi oleh pentingnya landasan etika bagi profesional teknik elektronika di era digital, penelitian <strong>kuantitatif</strong> dengan <strong>pendekatan</strong> <strong>korelasional</strong> ini melibatkan 15 lulusan D3 Elektronika UMPP yang telah bekerja. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur pemahaman etika profesi dan kinerja lulusan. <strong>Analisis</strong> <strong>data</strong> menggunakan statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, korelasi Pearson (r = 0.68, p < 0.01), dan regresi linear sederhana (β = 0.43, p < 0.01; R² = 0.46). <strong>Hasil</strong> penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan pemahaman etika profesi terhadap kinerja lulusan. Lulusan dengan pemahaman etika yang lebih baik cenderung menunjukkan kinerja yang lebih tinggi. <strong>Implikasi</strong> penelitian ini menekankan pentingnya penguatan pendidikan etika profesi dalam kurikulum vokasi teknik elektronika dan peningkatan kesadaran etika bagi lulusan dan industri.</em></p> <p> </p> <p>Referensi</p> <p><em>Adriani, D. (2017). Etika Profesi Seorang Engineer (Insinyur). Wordpress.<br />Aprianto, E. (2015). Konsep Etika Profesi dan Etika Engineer. In Etika Profesi Akuntansi (Vol. 1, Issue 1).<br />Fuaidah, N. R., Sunuharyo, B. S., & Aini, E. K. (2018). Pengaruh Kompensasi Karyawan dan Lingkungan Kerja Karyawan terhadap Turnover Intention (Studi pada Karyawan Auto2000 Malang-Sutoyo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(2).<br />Hitalessy, V., Roni, H., & Iswandi, I. (2018). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Image : Jurnal Riset Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.17509/image.v7i1.23137<br />Jufri, J., & Marimin, M. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.55182/jtp.v2i2.166<br />Musyafa, A. (2011). Identifikasi Kompetensi Sarjana Teknik Sipi Berdasarkan Persepsi Supervisor pada Badan Usaha Jasa Konstruksi. SEMINAR NASIONAL-1 BMPTTSSI - Konteks 5.<br />Nani, D. A., Handayani, M. T. K., & Safitri, V. A. D. (2021). Fraud dalam Proses Akademik pada Perilaku Mahasiswa. JAF- Journal of Accounting and Finance, 5(1). https://doi.org/10.25124/jaf.v5i1.3640<br />Sembiring, F. W., Handoko, W., Utami Batu Bara, F. A., & Sulaseh, S. (2023). PENERAPAN K-MEANS DALAM CLUSTERISASI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA STMIK ROYAL TERHADAP MATA KULIAH ETIKA PROFESI. J-Com (Journal of Computer), 3(1). https://doi.org/10.33330/j-com.v3i1.2185<br />Unggullaga, I. (2017). Pengaruh Profesionalisme Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT BPD Jatim (Studi pada Kantor Cabang Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 5 No, 5(4).<br />Wignjosoebroto, S. (2020). Professional Engineer & Etika Profesi (Insinyur). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.<br /><br /></em></p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Neracahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/1818Analisis Penerapan Akuntansi Dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Studi Kasus pada Usaha ADLAN ALIE Photograpy di Kabupaten Pekalongan2025-06-13T03:02:26+00:00Dwika Syahrul Wibowodwikasyahrul13@gmail.comYohani Yohaniadeniraku@gmail.comKhoirul Fatahfatahirul@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian penerapan akuntansi menurut SAK EMKM pada UMKM ADLAN ALIE photograpy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta menerapkan pencatatan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dengan memanfaatkan data primer dan sekunder yang diperoleh dari usaha ADLAN ALIE photograpy. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil analisis data menunjukkan bahwa ADLAN ALIE photograpy telah menerapkan akuntansi, namun pencatatan laporan keuangan masih dilakukan secara manual dan sangat sederhana, serta belum sesuai dengan ketentuan SAK EMKM. Laporan keuangan yang dibuat oleh ADLAN ALIE photograpy hanya berupa laporan pendapatan dan pengeluaran usaha, tanpa adanya laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan SAK EMKM di ADLAN ALIE photograpy meliputi keterbatasan waktu dalam mengelola keuangan usaha dan minimnya pengetahuan serta pemahaman pemilik dan karyawan tentang pembuatan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Menengah (SAK EMKM).</p> <p> </p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p>Arwati. (2010). Peran Strategis Ekonomi Berbasis Syariah dalam Pemberdayaan Ekonomi Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Ditinjau dari Penerapan Akuntansi Syariah dengan Akuntansi UMKM.</p> <p>Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia. (2016). Exposure Draft.</p> <p>Ernawati, S., Asyikinn, J., & Sari, O. (2019). Penerapan Sistem Akuntansi Dasar pada Usaha Kecil Menengah di kota Banjarmasin. 6(2), 81–91.</p> <p>Indonesia, R. (2008). Undang-undang No. 20 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah.</p> <p>Kementrian Koperasi dan UKM, R. I. (2019). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018-2019. 1, 2018–2019.</p> <p>Manjana, A., Inda, T., Rahma, F., & Yanti, N. (2023). <em>Analisis Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) MD Ponsel</em>. <em>05</em>(04), 12728–12737.</p> <p>Nusantara, P. A. N. P. (2024). <em>ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN EMKM PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KAB KONAWE SULAWESI TENGGARA (Studi Kasus UMKM Toko Sembako Rahmah)</em>. <em>20312368</em>.</p> <p>Purba, M. A., Natalia, E. Y., & Batam, U. P. (2023). <em>Analisis penerapan sak emkm dalam menyusun laporan keuangan umkm</em>. <em>11</em>.</p> <p>Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. In Exposure Draft. Dewi, N. K. I., Herawati, N. T., & Atmadja, A. T. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Sak Emkm) Pada Usaha Ternak Ayam Boiler (Study Kasus Pada Usaha I Wayan Sudiarsa Desa Pajahan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2). https://doi.org/1023887</p> <p>Sugiono. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.</p> <p>Tanjung, M. Azrul.2017. Koperasi dan UMKM Sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.</p> <p>Warsono (2010). Prinsip-prinsip dan Praktik Keuangan Pribadi. Volume 13 no 2.</p> <p>Wirjono, E. R., & Raharjono, D. A. B. (2012). Survei Pemahaman Dan Pemanfaatan Informasi Akuntansi Dalam Usaha Kecil Menengah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. <em>Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis</em>, <em>7</em>(2), 205–216.</p>2025-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c)