FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KINERJA GURU SEKOLAH DASAR ( STUDI KASUS PADA U.P.P. KEC. MOGA KAB. PEMALANG )
DOI:
https://doi.org/10.48144/neraca.v15i2.483Keywords:
guru, kepemimpinan, strategi, sekolah, motivasiAbstract
Perubahan situasi yang hampir setiap saat, baik kondisi internal maupun eksternal pendidikan membuat semua pimpinan atau kepala sekolah harus selalu jeli mencermatinya. Semua strategi /taktik yang pernah sukses dimasa lalu harus selalu dikaji ulang. Kita tidak dapat memperkirakan dengan mudah apa yang akan kita hadapi besok, segalanya serba buram, akan tetapi kondisi ini tidak dapat dihindari. Pemilihan strategi/taktik mempengaruhi yang tepat terhadap sasaran (bawahnya) akan menghasilkan suatu komitmen yang kuat yang berujung pada meningkatnya kinerja dari bawahan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru-guru SD/MI berdasarkan data ada sebanyak 242 guru dan kepala sekolah tersebar pada 38 sekolah (SD) dan 7 Madrasah Ibtidaiyah. Kepemimpinan yang baik yang mau mengerti bawahan akan membuat bawahan merasa diperhatikan, sehingga ia akan termotivasi dan berusaha untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang dibebankan kepadanya, agar dapat selesai tepat waktu