ANTESEDEN PERBEDAAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Authors

  • Khoirul Fatah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Tutut Dwi Andayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v15i2.481

Keywords:

manajemen laba, persepsi, etika

Abstract

Penelitian ini diharapkan bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris atas faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi STIE Muhammadiyah Pekalongan terhadap etika penyusunan laporan keuangan. Etika penyusunan laporan keuangan disini terdiri dari: manajemen laba, salah saji, pengungkapan informasi, cost and benefit, dan tanggung jawab. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan dari populasi mahasiswa STIE Muhammadiyah Pekalongan yang masih aktif pada semester gasal tahun ajaran 2018/2019. Analisis pertama yang dilakukan adalah analisis deskriptif berdasarkan data responden, setelah itu dilakukan analisis kualitatif. Analisis kualitatif dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji normalitas dan dilanjutkan melakukan uji beda dengan menggunakan Independent Sample T-test apabila terdistribusi normal dan Mann Wittney U-test apabila data tidak terdisribusi normal yang bertujuan untuk menguji hipotesis pertama hingga ke sepuluh. Dari sepuluh hipotesis yang diujikan dalam penelitian ini Manajemen laba (Ho1), salah saji (Ho2), pengungkapan informasi (Ho3 dan Ho8), cost & benefit (Ho4 dan Ho9), dan tanggung jawab (Ho10) mempunyai hasil tidak signifikan, sehingga ketujuh hipotesis tersebut diterima. Sedangkan tanggung jawab (Ho5), manajemen laba (Ho6), dan salah saji (Ho7) mempunyai hasil signifikan, sehingga ketiga hipotesis tersebut ditolak atau gagal diterima. Hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kebutuhan akan terhadap pendidikan etika yang lebih mendalam dirasakan merupakan sesuatu keharusan yang sangat penting bagi profesi akuntansi sekarang dan generasi berikutnya. Atas ketidakcukupan muatan etika ini, sebagian besar responden mengusulkan untuk mengintegrasikannya ke mata kuliahmata kuliah lainnya. Oleh karena itu, dikaitkan dengan efektifitas pendidikan etika yang telah dilaksanakan selama ini, mungkin perlu dilakukan pembenahan terhadap kurikulum akuntansi yang dijalankan selama ini

Downloads

Published

2019-12-01

Issue

Section

Articles