FORMULASI STRATEGI BISNIS MAHASISWA PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Kasus STIE Muhammadiyah Pekalongan)
DOI:
https://doi.org/10.48144/neraca.v14i1.468Keywords:
Bisnis mahasiswa, Bussiness model canvasAbstract
Bisnis mahasiswa adalah industri kreatif yang menekankan pada gagasan dan kreatifitas yang tinggi sebagai salah satu penggerak perekonomian. Adanya persaingan bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 yang erat hubungannya dengan modernisasi dan kemajuan teknologi. Memberikan tantangan guna menghadirkan persaingan kompetitif bagi pelaku bisnis utamanya mahasiswa. Demi menghadapi persaingan global, mahasiswa dituntut harus mampu beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka penting untuk merancang bisnis model yang bisa diterapkan mahasiswa dalam menghadapi Era Industri 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan bisnis model pada bisnis mahasiswa menunjukkan bahwa segmentasi konsumen dapat ditingkatkan lebih luas, tidak hanya terfokus pada sesama mahasiswa, tapi juga dapat mencakup masyarakat lingkup wilayah kampus 1 dan kampus 2 yang sangat strategis. Peran serta Perguruan tinggi, Pemerintah kota Pekalongan dan Dikti melalui pembinaan dan pelatihan, bantuan finansial, menjadi faktor yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing bisnis mahasiswa.