STRATEGI PEMASARAN POTENSI INVESTASI PERTANIAN DI KABUPATEN PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.48144/neraca.v12i2.450Keywords:
Keunggulan komparatif, keunggulan kompetitif, bauran pemasaran, strategi pemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk pertama, menganalisa komoditas unggulan pertanian melalui pendekatan keunggulan komparatif dan pendekatan keunggulan kompetitif yang didasarkan pada kemampuan daya saing secara ekonomis. Kedua, menganalisis potensi sumberdaya lahan dalam menentukan kesesuaian lahan bagi pengembangan komoditas unggulan pertanian. Ketiga, menganalisa strategi pemasaran dalam mengembangkan potensi investasi komoditas unggulan pertanian di Kabupaten Pemalang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam studi ini adalah metode survey eksplanatory yaitu penelitian yang bertujuan menggali informasi mengenai potensi dan karakteristik objek yang diteliti dengan pendekatan analisis wilayah yaitu kecamatan di seluruh Kabupaten Pemalang. Hasil penelitian ini adalah pendekatan wilayah basis pengembangan investasi pertanian di Kabupaten Pemalang berdasarkan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif terutama komoditas pertanian di kawasan waliksarimadu. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang dalam bidang pemasaran adalah melalui kegiatan promosi untuk menarik investor yaitu dengan segmentasi Investor, penetapan investor sasaran dan penempatan produk investasi. Strategi pemasaran yang lain dilakukan dengan bauran pemasaran yang terdiri atas strategi produk, harga dan promosi investasi pertanian. Implementasi strategi pemasaran yaitu dengan mempelajari persepsi calon investor dengan survey calon investor melalui media massa, mengembangkan tema pemasaran dengan mendasarkan keunggulan komparatif menuju keunggulan kompetitif dan alat pemasaran dengan berbagai instrumen melalui situs web, humas, pameran, buku potensi investasi, brosur, kunjungan ke luar negeri, iklan dan temu bisnis