Media Pembelajaran Siswa Taman Kanak-Kanak Menggunakan Animasi Flash

Authors

  • Imam Rosyadi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Dian Nugrahaningsih Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Fera Arzakiyah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v12i1.448

Keywords:

media pembelajaran, berhitung dan animasi flash

Abstract

Pembelajaran Siswa Taman Kanak-Kanak umumnya masih menggunakan Alat Peraga dimana biasanya Siswa dikenalkan terlebih dahulu benda yang ada disekitar Sekolah berdasarkan Tema yang ada, kemudian siswa diperkenalkan Angka, Huruf dan kemudian belajar berhitung. Berdasarkan adanya masalah di Taman Kanak-Kanak tentang proses pembelajaran masih monoton yaitu guru menerangkan pengenalan angka, huruf dan belajar berhitung hanya melalui buku. Sehingga siswa mudah bosan dan kurang memahami mengenai pengenalan angka, huruf dan belajar berhitung. Serta siswanya banyak dan gurunya sedikit sehingga siswa ada yang bermain sendiri Oleh karena itu diperlukan Media Pembelajaran Siswa Taman Kanak-Kanak Menggunakan Animasi Flash untuk membantu kemampuan kognitif Siswa. Metode perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) metode pembelajaran yang dibuat mengedepankan kemudahan dalam menyampaikan materi seperti pengenalan binatang, pengenalan huruf, pengenalan angka, penjumlahan dan pengurangan sederhana menggunakan animasi yang attraktif dan mudah dipahami. Dengan adanya Aplikasi Media Pembelajaran Siswa Taman Kanak-Kanak menggunakan Animasi Flash yang membahas tentang Pembelajaran berhitung serta dilengkapi dengan pengenalan angka dan pengenalan huruf. diharapkan bisa menarik perhatian siswa TK untuk belajar berhitung, dapat menambah daya tarik belajar siswa TK serta memotivasi siswa TK lebih giat lagi dalam memahami materi pelajaran dan juga membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar

Downloads

Published

2016-06-01

Issue

Section

Articles