PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI BATIK DI KOTA PEKALONGAN

Authors

  • Muhammad Fithrayudi Triatmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v12i1.447

Keywords:

Media sosial, Keunggulan bersaing, Technology Acceptance Model (TAM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh penggunaan media sosial terhadap keunggulan bersaing dengan menggunakan pendekatan Technologi Acceptance Model (TAM) dalam meningkatkan strategi pemasaran industri batik di Kota Pekalongan. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku industri yang berada di Kota Pekalongan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling, dengan total sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis varian yaitu dengan menggunakan program SmartPartial Least Square (PLS) versi 2.0. Sebelum dianalisis dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Model Pengujian ini didasarkan pada proses hubungan kausal dari dimensi-dimensi di model. Dimensi-dimensi pada model ini adalah Kegunaan Persepsian, Kemudahan Penggunaan Persepsian, Sikap terhadap penggunaan, Niat Perilaku, Penggunaan Senyatanya, Kesesuaian Tugas, Pengalaman dan Kerumitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman,kerumitan,kemudahan penggunaan persepsian kegunaan persepsian tidak berpengaruh terhadap penggunaan media sosial, sedangkan kesesuaian tugas, sikap pengguna dan niat perilaky berpengaruh terhadap penggunaan media sosial.

Downloads

Published

2016-06-01

Issue

Section

Articles