PERAN KUALITAS PRODUK DAN INOVASI MOTIF DALAM STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN RTO BATIK TULIS PEKALONGAN

Authors

  • Imam Rosyadi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Hadwitya Handayani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Fenilinas Adi Artanto Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v21i2.2257

Keywords:

Kualitas Produk, Inovasi Motif, Pemasaran, Penjualan, Batik Tulis Pekalongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan inovasi motif dalam strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan RTO Batik Tulis Pekalongan. Batik tulis identic dengan masalah Harga tinggi tapi kurang dipahami nilainya, Pasar menengah ke bawah sulit dijangkau Karena biaya produksi tinggi, batik tulis sulit bersaing di pasar massal,  Akses pasar terbatas Penjualan masih bergantung pada galeri lokal, pameran, atau perantara (reseller) yang mengambil margin besar. Konsumen sering membandingkan harga batik tulis dengan batik printing mauapun cap tanpa memahami perbedaan proses dan nilai seni. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Data diperoleh melalui survei terhadap 33 responden yang terdiri atas pelaku UMKM dan konsumen Batik Tulis Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inovasi motif berpengaruh signifikan positif terhadap penjualan (Sig. 0,000 < 0,05), sedangkan variabel pemasaran berpengaruh negatif signifikan terhadap penjualan (Sig. 0,028 < 0,05), dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan (Sig. 0,837 > 0,05). Nilai R² sebesar 0,993 menunjukkan bahwa variasi peningkatan penjualan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel bebas sebesar 99,3%. Hasil ini menegaskan pentingnya pengembangan inovasi motif sebagai strategi utama untuk meningkatkan daya tarik dan volume penjualan batik tulis.

 

REFERENSI

Garvin, (1987). Loyalitas konsumen 

Hidayat, M. (2019). Inovasi Motif Batik sebagai Strategi Pelestarian Budaya dan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pekalongan. Jurnal Seni dan Budaya Nusantara, 8

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Schumpeter, J. A. (1934). The Theory of Economic Development. Harvard University Press.

Stanton, W. J. (2015). Fundamentals of Marketing. McGraw-Hill.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Mowen dan Minor, (2002:192) inovasi produk

Nurcahyo, A., & Wibisono, D. (2020). Inovasi Motif Batik dan Perkembangan Industri Kreatif Indonesia. Indonesian Journal of Cultural Studies, 12(1),

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Downloads

Published

2025-12-20

Issue

Section

Articles