ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN ETIKA PROFESI TERHADAP KINERJA LULUSAN D3 ELEKTRONIKA UMPP DI DUNIA KERJA
DOI:
https://doi.org/10.48144/neraca.v21i1.2104Keywords:
Etika Profesi, Kinerja Lulusan, Teknik Elektronika, Pendidikan Vokasi, Pengaruh PositifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman etika profesi terhadap kinerja lulusan D3 Elektronika Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) di dunia kerja. Dilatarbelakangi oleh pentingnya landasan etika bagi profesional teknik elektronika di era digital, penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional ini melibatkan 15 lulusan D3 Elektronika UMPP yang telah bekerja. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur pemahaman etika profesi dan kinerja lulusan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, korelasi Pearson (r = 0.68, p < 0.01), dan regresi linear sederhana (β = 0.43, p < 0.01; R² = 0.46). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan pemahaman etika profesi terhadap kinerja lulusan. Lulusan dengan pemahaman etika yang lebih baik cenderung menunjukkan kinerja yang lebih tinggi. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penguatan pendidikan etika profesi dalam kurikulum vokasi teknik elektronika dan peningkatan kesadaran etika bagi lulusan dan industri.
Referensi
Adriani, D. (2017). Etika Profesi Seorang Engineer (Insinyur). Wordpress.
Aprianto, E. (2015). Konsep Etika Profesi dan Etika Engineer. In Etika Profesi Akuntansi (Vol. 1, Issue 1).
Fuaidah, N. R., Sunuharyo, B. S., & Aini, E. K. (2018). Pengaruh Kompensasi Karyawan dan Lingkungan Kerja Karyawan terhadap Turnover Intention (Studi pada Karyawan Auto2000 Malang-Sutoyo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(2).
Hitalessy, V., Roni, H., & Iswandi, I. (2018). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Image : Jurnal Riset Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.17509/image.v7i1.23137
Jufri, J., & Marimin, M. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.55182/jtp.v2i2.166
Musyafa, A. (2011). Identifikasi Kompetensi Sarjana Teknik Sipi Berdasarkan Persepsi Supervisor pada Badan Usaha Jasa Konstruksi. SEMINAR NASIONAL-1 BMPTTSSI - Konteks 5.
Nani, D. A., Handayani, M. T. K., & Safitri, V. A. D. (2021). Fraud dalam Proses Akademik pada Perilaku Mahasiswa. JAF- Journal of Accounting and Finance, 5(1). https://doi.org/10.25124/jaf.v5i1.3640
Sembiring, F. W., Handoko, W., Utami Batu Bara, F. A., & Sulaseh, S. (2023). PENERAPAN K-MEANS DALAM CLUSTERISASI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA STMIK ROYAL TERHADAP MATA KULIAH ETIKA PROFESI. J-Com (Journal of Computer), 3(1). https://doi.org/10.33330/j-com.v3i1.2185
Unggullaga, I. (2017). Pengaruh Profesionalisme Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT BPD Jatim (Studi pada Kantor Cabang Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 5 No, 5(4).
Wignjosoebroto, S. (2020). Professional Engineer & Etika Profesi (Insinyur). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.