Financial Leverage Dan Komposisi Aset Terhadap Kecenderungan Kecurangan Laporan Keuangan. Apakah Hubungannya Dimediasi Oleh Komite Audit?

Authors

  • Ferlinda Ainur Rachmani
  • Panca Kurniati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.48144/neraca.v18i2.1392

Keywords:

Komite Audit, Financial Leverage, Komposisi Aset, Kecenderungan Kecurangan Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini mengenai kecenderungan kecurangan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur ang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Tujuannya adalah menganalisis komite audit dalam memediasi pengaruh financial leverage dan komposisi aset terhadap kecenderungan laporan keuangan.

Sample terpilih melalui purposive sampling sebanyak 145 perusahaan manufaktur  di BEI tahun 2017-2021. Data diperoleh dengan mengumpulkan laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan Progarm SEM-PLS 4.0.

Hasil menunjukkan bahwa financial leverage tidak berpengaruh terhadap komite audit dan kecenderungan kecurangan laporan keuangan. Komposisi aset berpengaruh positif signifikan terhadap komite audit dan kecenderungan kecurangan laporan keuangan. Komite Audit tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan laporan keuangan. Komite audit tidak memediasi hubungan pengaruh financial leverage dan komposisi aset terhadap kecenderungan kecurangan laporan keuangan.

Key Words : Komite Audit, Financial Leverage, Komposisi Aset, Kecenderungan Kecurangan Laporan Keuangan

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles